Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cekrek! Jokowi Selfie Bareng Wartawan Usai Tutup KTT G20 Bali

Ini Momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak swafoto atau selfie bareng wartawan setelah menutup KTT G20 Bali.
Momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) selfie dengan wartawan usai KTT G20 Bali di auditorium BICC, Nusa Dua, Bali pada Rabu (16/11/2022). Dok. Youtube Setpres RI.
Momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) selfie dengan wartawan usai KTT G20 Bali di auditorium BICC, Nusa Dua, Bali pada Rabu (16/11/2022). Dok. Youtube Setpres RI.

Bisnis.com, BADUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali dengan melakukan konferensi pers bersama wartawan auditorium Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Rabu (16/11/2022).

Dia menjelaskan bahwa KTT G20 Bali telah berhasil menghasilkan deklarasi pemimpin Leaders' Declaration, di mana diungkapnya deklarasi tersebut pada awalnya diragukan banyak pihak.

"Kepemimpinan Indonesia telah berhasil menghasilkan deklarasi pemimpin G20 Bali yang awalnya diragukan oleh banyak pihak," katanya dalam jumpa pers di Auditorium BICC, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022).

Jokowi mengatakan deklarasi bersama itu terdiri atas 52 paragraf. Salah satu paragraf memang memperdebatkan mengenai sikap yang akan diambil terhadap situasi perang Rusia dan Ukraina.

"Diskusi ini berlangsung alot dan pemimpin G20 menyepakati hasilnya," imbunya. 

Tidak hanya itu, Jokowi juga menekankan bahwa G20 adalah forum ekonomi, sebab banyak pihak dinilainya menilai bahwa G20 merupakan forum untuk membahas agenda politik. Alhasil, dirinya meminta agar G20 tidak ditarik ke ranah politik.

"G20 itu adalah forum ekonomi, forum finansial, forum pembangunan bukan forum politik. Jadi, jangan ditarik-tarik ke politik," pungkas Jokowi.

Menurut pantauan Bisnis, Jokowi memasuki ruang konferensi pers pada 16.48 WITA bersama dua srikandinya, yaitu Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Tidak lama setelah memberikan keterangan kepada wartawan, Jokowi pun turun dari panggung yang turut disambut oleh riuh wartawan yang melemparkan sejumlah pertanyaan lanjutan.

Namun, secara mengejutkan Jokowi berjalan mengarah rekan media dari berasal dari dalam dan luar negeri serta langsung meminta ponselnya kepada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan setelahnya langsung mengajak wartawan untuk berswafoto (selfie).

“Ayok.. ayook,” kata Jokowi kepada wartawan yang ada di ruang auditorium BICC.

Sontak, seluruh wartawan di ruangan langsung berlarian ke depan panggung dan mengubah narasi teriakannya dari bertanya menjadi meminta berfoto bersama. Sesi selfie Jokowi dengan wartawan berlangsung singkat sekitar 5 menit. Tak ingin ketinggalan, Menkeu Sri Mulyani yang berada di atas panggung juga mengeluarkan ponsel miliknya untuk mengabadikan momen Jokowi dan wartawan yang sedang selfie. 

Di tengah kericuhan tersebut, salah satu wartawan di sana mengaku tersenggol saat pewarta lain berhamburan menuju ke tempat Jokowi berdiri. 

Ponsel yang dimilikinya terinjak dan mengakibatkan rusak terhadap kameranya. Menyadari hal tersebut, Jokowi pun mengajak wartawan itu untuk foto berdua dan kemudian langsung meninggalkan ruangan.

"Udah.. sini.. cepat foto aja. Tinggal cekrek.. cekrek," ujar Jokowi kepada wartawan tersebut sambil tertawa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper