Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah! Jokowi Banjir Pujian dari Biden dan Delegasi G20

Presiden Jokowi banjir pujian dari para delegasi usai melakukan sesi pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral di sela-sela KTT G20 di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022). Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden-Muchlis Jr.
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral di sela-sela KTT G20 di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022). Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden-Muchlis Jr.

Bisnis.com, BADUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat pujian dari para pimpinan G20 usai melakukan sesi pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Indonesia.

Pujian untuk Jokowi salah satunya disampaikan Presiden AS, Joe biden. Dia mengatakan Jokowi telah melakukan pekerjaan yang hebat sebagai Presidensi G20 kali ini. Pujian tersebut langsung disambut meriah oleh para Kepala Negara dan delegasi KTT G20.

"Anda melakukan pekerjaan yang hebat. Sungguh, Anda melakukan pekerjaan yang hebat," ujar Biden saat membuka Sesi III KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Pujian juga mengalir dari para pemimpin negara-negara G20 dan organisasi internasional yang disampaikan saat jamuan makan siang di Rumah Bambu, Ocean Front Lawn, Hotel Apurva Kempinski, Bali, Selasa (15/11/2022).

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas keramahan Presiden Jokowi selaku tuan rumah G20.

Thomas Bach juga memuji motto G20 Indonesia yang dinilainya selaras dengan motto baru Olimpiade.

"Saya memuji Presiden Jokowi karena memilih moto untuk acara puncak ini Recover together, recover stronger yang selaras dengan moto Olimpiade baru kami Faster, Higher, Stronger-Together," kata Thomas, Selasa (15/11/2022).

Menurutnya, pandemi global telah memperjelas betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan fisik dan mental. Bahkan, lanjutnya, olahraga dapat menyelamatkan nyawa.

"Inilah mengapa Komite Olimpiade Internasional dengan Organisasi Kesehatan Dunia mempromosikan masyarakat yang sehat dan tangguh melalui olahraga," imbuhnya.

Selanjutnya, Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino, turut menyampaikan sambutannya dengan mengucapkan terima kasih atas jamuan makan siang oleh Presiden Jokowi.

"Terima kasih telah menjamu kami di negara Anda yang indah. Saya ingin berbicara kepada Anda tentang satu topik yang saya yakin Anda semua di sini akan setuju, sepak bola. Sepak bola benar-benar unik dan sepak bola menyatukan dunia," ujar Gianni.

Presiden Jokowi pun setuju bahwa olahraga memiliki peran penting dalam kehidupan semua orang. Menutup sambutannya, Presiden Jokowi menyebut bahwa olahraga tidak hanya menjadikan badan sehat, tetapi juga jiwa bahagia.

"Olahraga sangat penting dalam kehidupan kita. Melalui olahraga, tidak hanya kita menjadi sehat, kita juga merasa lebih bahagia. Saya harus berhenti di sini. Selamat makan siang, terima kasih," katanya.

Sebelum jamuan santap siang dimulai, tampak para pemimpin menyapa satu sama lain dan berbincang-bincang dalam suasana hangat dan cair.

Jokowi sendiri tampak berbincang hangat dengan beberapa kepala delegasi, antara lain dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) yang duduk di kursi sebelahnya. 

Tak lama berselang, tampak juga Kanselir Jerman Olaf Scholz bergabung dalam perbincangan tersebut. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, kemudian juga menghampiri dan menyapa Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper