Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KIB Respon Positif Sikap Ganjar, Siapkan Karpet Merah di Pilpres 2024?

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyambut baik sikap Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang menyatakan siap maju sebagai calon presiden 2024.
Kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kedua kanan) berswafoto dengan rekannya usai pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (21/6/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kedua kanan) berswafoto dengan rekannya usai pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (21/6/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -Sejumlah partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyambut baik sikap Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang menyatakan siap maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

Partai Amanat Nasional (PAN), misalnya, turut gembira dengan pernyataan Ganjar yang siap maju sebagai capres di Pilpres 2024.

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menjelaskan, dalam rapat kerja nasional (rakernas) pada akhir Agustus lalu, nama Ganjar memang menjadi salah satu dari sembilan nama rekomendasi capres dan calon wakil presiden (cawapres) usungan.

"Dia adalah satu kepala daerah yang kami usung dalam rekomendasi rakernas beberapa bulan yang lalu. Jadi kalau Pak Ganjar secara pribadi sudah menyatakan siap jadi capres tentu jadi sebuah kegembiraan," ungkapnya, dikutip Kamis (20/10/2022).

Dia juga menyarankan agar Ganjar Pranowo segera mencari kendaraan politik yang siap mengusungnya jadi calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Sebagai informasi, Ganjar telah menyatakan siap maju menjadi capres untuk Pilpres 2024, saat melakukan wawancara dengan stasiun TV swasta pada Selasa (18/10/2022) malam. Gubernur Jawa Tengah tersebut mengatakan akan selalu siap bekerja untuk bangsa.

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan sebaik Ganjar segera menjalin komunikasi dengan partai politik (parpol) yang tertarik mengusungnya di Pilpres 2024.

"Mungkin Pak Ganjar kalau memang betul-betul siap ya sejatinya mulai membangun komunikasi dengan parpol yang mungkin bisa dijadikan kendaraan politik beliau untuk menjadi calon resmi nanti di kontestasi Pilpres 2024," ujar Yandri.

Dia menyadari bahwa Ganjar masih jadi kader PDIP. Meski begitu, Yandri menilai tak ada yang salah jika Ganjar mulai membangun komunikasi politik dengan parpol lain.

Reaksi Airlangga

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pihaknya akan membahas kesiapan Ganjar Pranowo untuk maju menjadi calon presiden (capres) pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Ya nanti kami bahas dalam periode tertentu, sebab Golkar besok mau ulang tahun pada 21 [Oktober]," katanya saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Airlangga enggan berkomentar lebih jauh saat ditanya apakah Ganjar masuk dalam radar dari partai berlogo pohon beringin tersebut untuk dicalonkan sebagai presiden atau tidak.

PPP Sebut Langkah Maju

Sementara itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyebut pernyataan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyatakan siap menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024 sebagai sebuah langkah maju. 

“Ya itu merupakan langkah maju ya dari langkah politik Pak Ganjar,” ujar Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek lewat pesan suara, Rabu (19/10/2022).

Awiek tak menampik beberapa pimpinan PPP di daerah juga mengusulkan Ganjar untuk jadi capres usungan partai berlambang kabah tersebut. Meski begitu, Awiek memastikan PPP belum memutuskan sikap terkait capres untuk 2024.

“PPP belum dapat memutuskan sikap apapun. Meskipun kita akui bahwa sebagian dari DPW [Dewan Pimpinan Wilayah] mengusulkan nama Pak Ganjar sebagai capres,” jelasnya.

Awiek mengatakan, keputusan capres PPP secara resmi hanya melalui musyawarah kerja nasional (mukernas). Saat itu, PPP masih menggelar musyawarah kerja wilayah (mukerwil) di beberapa daerah.

“Mengenai keputusan resminya nanti akan diputuskan melalui mukernas, mengenai siapa-siapa yang akan diputuskan oleh DPP PPP,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper