Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Minta Pengembangan Lumbung Pangan Terus Didorong

Jokowi terus mendorong pengembangan lumbung pangan (food estate), salah satunya dengan menyiapkan saluran air.
Jokowi Minta Pengembangan Lumbung Pangan Terus Didorong. Kawasan food estate di Kab. Humbang Hasundutan. - Istimewa/Diskominfo Sumut
Jokowi Minta Pengembangan Lumbung Pangan Terus Didorong. Kawasan food estate di Kab. Humbang Hasundutan. - Istimewa/Diskominfo Sumut

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong pengembangan lumbung pangan (food estate).

Dalam keterangannya usai mengikuti rapat, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa Kementerian Pertanian telah mengembangkan lumbung pangan di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Ini yang sudah dikembangkan oleh Kementerian Pertanian itu sekitar 60.000-an [hektare], di mana tahun 2020 itu 30.000-an hektare, kemudian di tahun 2021 itu 14.000 hektare, dan kemudian ada ekstensifikasi sebanyak 16.000 hektare,” ujarnya kepada wartawan di Komplek Istana Kepresidenan, Selasa (4/10/2022).

Dia menjelaskan, salah satu wilayah pengembangan lumbung pangan yang dilaporkan kepada Presiden yaitu Kalimantan Tengah.

Bahkan, dia melanjutkan untuk pengembangan di daerah tersebut, Jokowi meminta agar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat menyediakan saluran air dan membantu dalam pengolahan lahan.

“Sehingga nanti Kementerian Pertanian tinggal masuk pada lahan yang sudah siap. Pengembangan di lahan yang sudah siap, disiapkan oleh PUPR,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), pemerintah menyiapkan Kabupaten Belu, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur sebagai wilayah pengembangan lumbung pangan dengan komoditas yang disiapkan yaitu jagung dan sorgum. Airlangga menyebut ketersedian air dan pupuk menjadi perhatian pemerintah di wilayah tersebut.

“Belu dipersiapkan seluas 559 hektare dan ini komoditasnya adalah jagung, dan ini akan terus diikuti oleh pemerintah. Di Sumba Tengah seluas 10.000 hektare dan ini realisasinya sudah hampir 10.000 hektare. Ketersediaan air dan pupuk menjadi perhatian pemerintah,” katanya.

Untuk wilayah Papua, pemerintah mendorong pengembangan lumbung pangan di daerah Merauke dan Kerom. Selain itu pemerintah juga mengembangkan lumbung pangan di wilayah Sumatra Utara dengan target luas lahan mencapai 22 hektare.

“Ini diberikan penugasan kepada Bupati Humbahas [Humbang Hasundutan] sebagai penanggung jawab sesuai dengan keputusan dari Menko Marinves. Namun, ini [Sumatra Utara] akan punya potensi lebih besar lagi dan diberi tugas kepada Menteri Pertanian untuk juga melakukan intervensi kegiatannya,” kata Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper