Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survei Pilpres 2024 SSI: Ganjar Kuat di Jawa-Bali, Prabowo di Luar Jawa-Bali

Survei SSI menunjukkan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan menjadi tiga capres dengan pemilihan tertinggi. Ganjar unggul di Jawa-Bali.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 03 Oktober 2022  |  16:38 WIB
Survei Pilpres 2024 SSI: Ganjar Kuat di Jawa-Bali, Prabowo di Luar Jawa-Bali
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memimpin upacara peringatan HUT ke-72 Provinsi Jawa Tengah di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (15/8/2022). - Dok.Istimewa 
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Skala Survei Politik (SSI) merilis survei terbaru yang menunjukkan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan menjadi tiga calon presiden (capres) dengan pemilihan tertinggi. Ganjar unggul di wilayah Jawa-Bali.

Survei SSI diselenggarakan pada 23 hingga 29 September 2022 dengan jumlah sampel 1.200 responden. Sampel tersebar di 34 provinsi dengan teknik pemilihan menggunakan multistage random sampling.

Saat simulasi Pilpres 2024 dengan menyodorkan 24 nama, Prabowo memperoleh 20,4 persen suara responden, Ganjar memperoleh 13,5 persen, dan Anies memperoleh 11,8 persen. Sedangkan, untuk 21 nama lainnya hanya memperoleh 5 persen suara atau kurang.

Jika diambil dari distribusi wilayah Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali, maka hasilnya sedikit berbeda. Di wilayah Jawa-Bali, Ganjar memperoleh 33,3 persen suara responden, Prabowo memperoleh 24,1 persen, dan Anies meraih 20 persen suara.

Untuk wilayah luar Jawa-Bali, Prabowo unggul cukup jauh dari Ganjar dan Anies. Prabowo memperoleh 39 persen suara responden, Anies memperoleh 22 persen, dan Ganjar hanya meraih 6,8 persen.

“Di Pulau Jawa-Bali yang memiliki DPT [Daftar Pemilih Tetap] sebanyak 60,1 persen, dukungan terhadap Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Sementara, di luar Pulau Jawa-Bali, dukungan terhadap Prabowo Subianto mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan,” tulis kesimpulan survei tersebut.

Untuk tingkat pengenalan dan kesukaan, 92 persen responden mengaku kenal Anies. Dari jumlah tersebut, 76,9 persen di antaranya menyatakan suka dengan Anies dan 13 persen lainnya menyatakan sebaliknya.

Sementara, Ganjar, 85,4 persen responden mengaku kenal gubernur Jawa Tengah tersebut. Dari jumlah tersebut, 80 persen di antaranya menyatakan suka dan 4,5 persen lainnya menyatakan sebaliknya.

Terakhir, 97,4 persen responden mengaku kenal Prabowo. Dari jumlah tersebut, 80 persen di antaranya menyatakan suka dan 5,3 persen lainnya menyatakan sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilpres 2024 ganjar pranowo prabowo subianto Anies Baswedan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top