Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Puan Maharani Akan Safari Politik ke PAN

Petua DPPP PDIP Puan Maharani akan safari politik ke Partai Amanat Nasional (PAN).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 September 2022  |  10:25 WIB
Puan Maharani Akan Safari Politik ke PAN
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (tengah) berfoto bersama jajaran pengurus partai pada pembukaan Rakernas dan Bimtek PAN di Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Dalam rakernas yang dihadiri ribuan kader, pengurus DPP, FPAN DPR, dan para anggota DPRD PAN se-Indonesia tersebut akan disampaikan juga rekomendasi partai terkait Pilpres 2024. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Petua DPPP PDIP Puan Maharani akan safari politik ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno, mengatakan PDIP telah menghubungi pihaknya, namun belum membahas tanggal pasti kunjungan Puan ke PAN.

“Komunikasi politik sudah ada, sudah bicara dengan Pak Bambang Pacul dan Pak Hasto. Tapi kapan tanggalnya belum ada,” kata Eddy, Kamis (15/9/2022).

PAN siap menyambut kunjungan PDIP. Menurutnya, kunjungan ini dapat memperkuat silaturahmi antara partai politik kendati kedua partai berjuang di platform yang berbeda.

Eddy menerangkan safari politik Puan merupakan upaya untuk merekatkan kerja sama antarpartai. Adapun kerja sama yang dimaksud tidak melulu soal pemilihan presiden (pilpres).

“Bisa di parlemen, di pemilihan kepala daerah, atau mungkin bersepakat tidak mengambil calon legislatif (caleg) satu sama lain,” ujarnya.

PAN juga menghormati posisi istimewa PDIP yang bisa mengusung calonnya sendiri. Namun, peluang PDIP untuk berkoalisi dengan partai lain juga tidak tertutup.

“Kita melihat bahwa PDIP partai yang punya keistimewaan untuk mengusung calon sendiri. Saya kira pendulum politik pun akan bergerak ketika PDIP sudah memutuskan akan mengusung siapa,” kata dia.

Sebagai bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Eddy menyebut hingga saat ini koalisinya masih terbuka dengan siapapun, termasuk PDIP.

Dia mengingatkan, syaratnya adalah memiliki konsep dan gagasan yang sama dengan KIB.

“KIB terbuka untuk bekerja sama dengan siapapun, sepanjang memiliki gagasan yang sama. Kita ingin hadir dengan konsep dan gagasan yang baik,” kata Eddy.

Sebelumnya, Puan memimpin rombongan safari politik PDIP ke Partai NasDem dan Partai Gerindra. Rencananya, rombongan ini bakal mengunjungi partai lainnya seperti Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan PAN.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

puan maharani pdip partai amanat nasional

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top