Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ukraina Serang Tambang Batu Bara, Puluhan Pekerja Terjebak!

Serangan Ukraina di kawasan tambang batu bara mengakibatkan puluhan pekerja di Donetsk terjebak di bawah tanah.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 12 September 2022  |  15:23 WIB
Ukraina Serang Tambang Batu Bara, Puluhan Pekerja Terjebak!
Anggota Korps Sukarelawan Ukraina menembakkan howitzer, saat serangan Rusia ke Ukraina terus berlanjut, di sebuah titik di Zaporizhzhia, Ukraina, Senin (28/3/2022). - Antara/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rusia membantah telah menyerang objek-objek sipil. Mereka menuding justru pihak Ukraina yang melakukan serangan di kawasan tambang batu bara yang mengakibatkan puluhan pekerja terjebak.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov memaparkan serangan Ukraina itu dilakukan untuk mengacaukan situasi di wilayah yang dikuasai Rusia. Pasukan Kyiv menembaki sejumlah infrastruktur sipil seperti fasilitas pembangkit, gardu transformator, dan saluran listrik.

“Jadi, sejak 1 September, wilayah PLTN Zaporozhye dan kota Energodar telah menjadi sasaran penembakan artileri oleh Angkatan Bersenjata Ukraina sebanyak 26 kali, termasuk di wilayah pembangkit listrik tenaga nuklir,” ujar Igor, dikutip Senin (12/9/2022).

Pada saat yang sama, lanjut Igor, sebagai akibat dari kebakaran yang diarahkan ke gardu induk transformator pada 6 September dan saluran listrik pada 8 September, kota Energodar dua kali dilanda gelap gulita.

Sementara itu, di wilayah Donetsk, artileri Ukraina berulang kali menyerang 22 fasilitas listrik. Serangan ini bertujuan untuk menghilangkan enegri di daeerah pemukiman, taman kanak-kanak, fasilitas pendukung bagi penduduk dan perusahaan industri.

Adapun pada tanggal 1 September, sebagai akibat dari serangan, suplai energi di 3 tambang Perusahaan Energi batu bara Donetsk mati dan mengakibatkan puluhan penambang terjebak di bawah tanah.

“Kemarin, 10 September, karena penembakan Angkatan Bersenjata distrik Petrovsky di kota Donetsk, 19 gardu transformator dimatikan. Akibat penembakan itu, lebih dari 1.600 objek sipil dibiarkan tanpa pasokan listrik,” imbuh Igor.

“Saya ingin menekankan bahwa serangan harian terhadap fasilitas pasokan listrik infrastruktur sipil dilakukan oleh rezim Kyiv dengan sengaja.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top