Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 10 Alat Musik Melodis yang Tentunya Mudah untuk Kamu Temui

Alat musik melodis adalah alat musik yang bisa menghasilkan nada dan berfungsi untuk mengatur nada dalam sebuah lagu.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 01 September 2022  |  15:32 WIB
Simak 10 Alat Musik Melodis yang Tentunya Mudah untuk Kamu Temui
Alat musik melodis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Alat musik melodis adalah alat musik yang dapat membunyikan melodi dalam sebuah lantunan lagu. Namun, pada umumnya tidak bisa memainkan chord sendirian. Hal ini berarti, alat musik melodis dapat menghasilkan nada atau notasi, seperti ‘do,re,mi,fa,sol,la,si,do’ yang dapat melengkapi bunyi-bunyian yang dihasilkan dari alat musik ritmis dan harmonis. 

Alat musik melodis juga dapat diartikan sebagai alat musik yang memiliki irama atau nada. Biasanya fungsi dari alat musik melodi ini untuk mengatur nada dalam sebuah lagu atau musik. Ciri khas alat musik melodi, yakni nada yang lebih lembut dan nyaman didengar saat santai. 

Berikut ini beberapa contoh alat musik melodi yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Piano 

Piano termasuk alat musik melodi yang dimainkan dengan cara menekan tuts berwarna putih atau hitam. Bunyi yang dihasilkan oleh piano berasal dari alat itu sendiri atau yang sering disebut juga sebagai alat musik akustik. Tanpa bantuan listrik, piano bisa menghasilkan suaranya sendiri Ketika ditekan. 

Piano sering digunakan dalam berbagai musik atau lagu, karena bisa menghasilkan nada tinggi dan rendah yang lembut juga. Seseorang yang memainkan piano dikenal dengan pianis. Suara yang dihasilkan akan semakin indah dengan perpaduan antara tuts-tuts yang ditekan secara Bersama-sama. 

2. Pianika

Pianika memiliki tuts hitam dan putih, hampir sama seperti piano. Hanya saja alat musik melodi yang satu ini memiliki jumlah tuts yang lebih sedikit dan dimainkan dengan cara ditiup. Cara memainkan pianika adalah dengan meniup lubang angin sambil menekan tuts yang berwarna hitam atau putih untuk menghasilkan suara atau nada. Pemain pianika harus memiliki kekuatan tiupan napas dan kekuatan saat mengambil napas, meniup serta menekan tuts nya. 

3. Kecapi 

Alat musik tradisional kecapi sering dijumpai di dalam acara kesenian sunda. Kecapi terbuat dari kayu kenanga yang terlebih dahulu direndam selama 3 bulan. Sedangkan senanrnya, jika ingin menghasilkan nada yang bagus, harus dari kawat suasa (logam campuran emas dan tembaga), seperti kecapi yang dibuat tempo dulu. Kecapi dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawai atau senar yang terbentang di atas papan kayu. 

4. Gitar 

Gitar merupakan alat musik populer dan sangat mudah untuk dijumpai. Alat musik melodis ini dimainkan dengan cara dipetik. Gitar sangat fleksibel dan cocok untuk membawakan lagu dengan hampir seluruh genre. 

Gitar bisa dimainkan dengan berdiri atau duduk tergantung kenyamanan atau keadaan. Seorang pemain gitar disebut juga dengan istilah gitaris. Teknik bermain gitar juga bermacam-macam, butuh waktu hingga bertahun-tahun untuk menguasai alat musik gitar ini. 

5. Akordion

Alat musik ini di Indonesia dikenal dengan sebutan akordeon atau akordion. Sedangkan di luar negri, panggilannya tetap sama, tetapi dengan penulisan yang berbeda yaitu accordion. Akordeon merupakan alat musik sejenis organ dengan bentuk yang lebih kecil. Akordeon dimainkan dengan cara digantungkan atau ditopang di badan karena bebannya yang cukup berat. 

Alat musik ini dimainkan dengan cara menekan tombol-tombol ‘akor’ dengan menggunakan jari-jari pada tangan kiri, sedangkan yang tangan kanan memainkan melodi untuk mengiringi lagu. Tetapi, jika sudah ahli biasanya menggunakan tangan secara bergantian. 

6. Harmonika 

Alat musik ini dimainkan dengan cara dihisap dan buka ditiup. Karena suara harmonika dihasilkan dari tarikan serta hembusan napas mulut pemainnya. Harmonika dipegang dengan kedua telapak tangan. Posisi dua ibu jari di bagian badan harmonika, sedangkan dua jari telunjuk berada di atas harmonika. 

Cara memainkan atau menghisapnya harus berada tepat di lubang yang ditentukan. Contoh cara memainkannya ialah nada do dengan menghembuskan napas, nada re dengan menarik napas, nada mi dengan menghembuskan napas, nada fa dengan menarik napas, dan seterusnya. 

7. Rekorder 

Alat musik ini bentuknya hampir sama dengan suling dan dimainkan dengan cara ditiup pada satu diantara ujung bagian tiupnya. Namun, rekorder berbeda dengan alat musik tradisional suling karena adanya modifikasi. 

Rekorder ini memiliki lubang khusus ibu jari yang berlawanan dengan tujuh lubang yang membuatnya unik. Pemain harus menyesuaikan diri jika memiliki jari tangan yang tidak panjang. 

Cara memainkan rekorder ini ditiup sambil membuka menutup lubang yang ada pada badan rekorder. Buka tutup ini dilakukan secara bergantian, sesuai dengan nada yang akan dimainkan. 

8. Biola 

Biola merupakan alat musik melodi dawai (senar) yang dimainkan dengan cara digesek menggunakan alat gesek yang disebut dengan bow yang terbuat dari bahan sintetis atau bisa dari rambut kuda asli. 

Biola memiliki 4 senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama yang lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah adalah G. di luar negeri, biola dikenal dengan sebutan viola atau violin. 

9. Angklung 

Angklung terbuat dari bambu dan cara memainkannya adalah dengan digoyangkan. Angklung termasuk ke dalam alat musik melodi tradisional Indonesia yang sudah dikenal oleh dunia Internasional. Angklung termasuk ke dalam alat musik melodi, karena memiliki perbedaan karakter suara. Perlu diketahui jika satu angklung hanya bisa menghasilkan satu notasi saja. 

10. Gambang 

Gambang adalah alat musik melodi yang dimainkan dengan cara dipukul dengan pemukul yang menyerupai palu. Dalam setiap kotaknya, gambang memiliki nada rendah dan tinggi yang berbeda. Dalam musik Indonesia, gambang termasuk dalam salah satu alat musik tradisional. 

Fungsi Alat Musik Melodis 

1. Pengiring lagu 

Jenis genre lagu yang bisa diiringi dengan alat musik melodis  cukup beragam. Mulai dari genre pop yang paling umum, jenis lagu jazz, rock hingga dangdut. Alat musik seperti piano, biola atau gitar mampu menghasilkan melodi yang merdu. Dengan begitu akan menambah keindahan lagu. 

2. Instrumen tunggal 

Meskipun permainan alat musik dengan kombinasi ritmis dan melodis akan menciptakan musik yang harmonis, bukan berarti alat musik melodis tidak bisa dimainkan secara tunggal. lebih mudah menjumpai permainan alat musik melodis sebagai instrumen tunggal ketimbang alat musik ritmis. 

3. Pengiring tari 

Beberapa jenis tarian diiringi dengan alat musik melodis. Ini termasuk jenis tarian tradisional hingga tari kontemporer. Kehadiran nada rendah maupun tinggi dari alat musik melodis membantu penari menentukan gerakannya, serta turut membawa penonton untuk memahami makna dan gerakan tari. 

Itulah beberapa contoh alat musik melodis. Mungkin ada beberapa alat musik yang sering kamu temui. Setiap instrumen musik yang ada memiliki peranannya masing-masing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Alat Musik musik seni musik
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top