Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taiwan Tembak Jatuh Drone di Lepas Pantai China

Militer Taiwan menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak (drone) tak dikenal yang memasuki wilayah udaranya di dekat sebuah pulau kecil di lepas pantai China.
Taiwan Tembak Jatuh Drone di Lepas Pantai China. Ilustrasi drone/ Global Times
Taiwan Tembak Jatuh Drone di Lepas Pantai China. Ilustrasi drone/ Global Times

Bisnis.com, JAKARTA - Militer Taiwan menembak jatuh sebuah pesawat nirawak (drone) tak dikenal yang memasuki wilayah udaranya di dekat sebuah pulau kecil di lepas pantai China pada hari ini, Kamis (1/9/2022). 

Penembakan itu dilakukan setelah pemerintah Taiwan berjanji untuk mengambil langkah tegas untuk menangani peningkatan intrusi semacam itu.

Adapun, China, yang mengklaim Taiwan sebagai miliknya, mengadakan latihan militer di sekitar pulau itu sejak awal bulan lalu sebagai reaksi atas kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat, Nancy Pelosi ke pulau itu.

Pemerintah Taiwan menegaskan bahwa tidak berupaya memprovokasi atau meningkatkan ketegangan. Namun, baru-baru ini sangat marah dengan kasus berulang drone China yang mendengung pulau-pulau yang dikendalikan oleh Taiwan di dekat pantai China.

Komando pertahanan untuk Kinmen, sekelompok pulau yang dikendalikan Taiwan di seberang kota Xiamen dan Quanzhou China, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat tak berawak memasuki ruang udara terbatas di atas Lion Islet tepat setelah tengah hari.

Pasukan di pulau itu mencoba memperingatkannya tetapi tidak berpengaruh sehingga ditembak jatuh dan sisa-sisanya mendarat di laut, tambahnya seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Kamis (1/9/2022).

Taiwan mengeluarkan tembakan peringatan ke pesawat tak berawak untuk pertama kalinya pada hari Selasa tak lama setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memerintahkan militer untuk mengambil "tindakan tegas" terhadap apa yang disebutnya provokasi China.

Berbicara kepada Angkatan Bersenjata sebelumnya pada hari Kamis, Tsai mengatakan China terus menggunakan intrusi pesawat tak berawak dan taktik "zona abu-abu" lainnya untuk mencoba mengintimidasi Taiwan.

Tsai sekali lagi menekankan bahwa Taiwan tidak akan memprovokasi perselisihan tetapi itu tidak berarti bahwa Taiwan tidak akan mengambil tindakan balasan, tambah pernyataan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper