Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bocoran Pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menpan-RB

Jokowi melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) pengganti Tjahjo Kumolo sebelum akhir Agustus.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  09:05 WIB
Bocoran Pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menpan-RB
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto (kedua dari kiri) membuka acara Banteng and Night Run di Kota Medan Sumatra Utara, Sabtu (13/8), yang dilaksanakan sebagai lanjutan rangkaian perayaan HUT PDIP ke-49 dan Jelang HUT RI ke-77 pada tahun ini. - Dok. PDIP
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Istana mengisyaratkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) pengganti Tjahjo Kumolo di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum akhir Agustus.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di lingkungan Istana Kepresidenan di Jakarta, Rabu (17/8/2022) mengatakan, Jokowi juga sudah mengantongi nama-nama kandidat menpan RB.

"Ini ranah Pak Mensesneg dan Pak Seskab, doain ada waktu untuk beliau bisa," tambahnya.

Sebelumnya dikabarkan, Jokowi telah mengantongi sejumlah nama kader PDIP untuk menduduki kursi MenPAN-RB.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. Dia mengatakan, bahwa sejumlah nama masih dalam pertimbangan bakal dibahas Jokowi dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

"Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Namun, nanti akan dibahas Presiden dengan Ibu Mega," katanya kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (8/8/2022).

Pramono tidak memerinci siapa pengganti almarhum Tjahjo Kumolo. Namun, dia menjelaskan alasan Jokowi berbincang dengan Megawati lantaran kursi Menpan RB masuk ke dalam alokasi PDI Perjuangan (PDIP).

"Ya, seperti biasa memang sopan santun dalam kabinet kan seperti itu. Jadi sebelum diputuskan, Bapak Presiden mendapat masukan dari ketua-ketua umum partai dan ini biasa dilakukan kalau ada reshuffle kabinet," ujarnya.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto memastikan calon Menpan-RB berasal dari kader PDIP.

"Tentang nama-nama sudah dibahas secara mendalam dan nantinya Ibu Megawati Soekarnoputri bersama dengan Bapak Presiden Jokowi setelah 40 hari wafatnya Pak Tjahjo, akan menyampaikan siapa pengganti beliau," katanya saat acara peluncuran bukunya di Bentara Budaya, Minggu (7/8/2022).

Menurutnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati dan Presiden telah beberapa kali bertemu. Secara khusus sudah disampaikan beberapa nama, kemudian ada finalisasi dari beberapa nama itu.

"Yang jelas itu berasal dari kader PDI Perjuangan," ujar Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pdip kemenpan rb
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top