Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT Kemerdekaan RI, Cek Data Penduduk, Pendidikan, Pekerjaan, Hingga Golongan Darah

Cek data unik tentang geografi dan demografi Indonesia sebagaimana dirangkum DataIndonesia.id dalam rangka memahami Indonesia dengan lebih baik di sini.
Warga menunjukan bendera merah putih mini di sekitar Monumen Nasional di Jakarta. Foto ilustrasi. Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga menunjukan bendera merah putih mini di sekitar Monumen Nasional di Jakarta. Foto ilustrasi. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA -- Cek data unik tentang geografi dan demografi Indonesia sebagaimana dirangkum DataIndonesia.id di sini dalam rangka memahami Indonesia dengan lebih baik.

Data yang disajikan antara lain mencakup luas area masing-masing provinsi, sebaran jumlah pulau masing-masing provinsi, jumlah kabupaten/kota pada tiap-tiap provinsi, sebaran desa/kelurahan pada masing-masing provinsi.

Selain itu, laju pertumbuhan penduduk sejak 1961, jumlah penduduk Indonesia pada masing-masing provinsi, kepadatan penduduk menurut provinsi, jumlah penduduk berdasarkan usia, jumlah penduduk berdasarkan agama, jumlah penduduk menurut tingkat pendidikan, sebaran penduduk menurut status pekerjaan, sebaran status perkawinan penduduk, sebaran golongan darah penduduk, hingga jumlah komunitas adat di Indonesia.

Simak data beserta visualisasi selengkapnya dalam laporan berjudul HUT ke-77 RI: Memahami Indonesia Lebih Dalam Lewat Data di DataIndonesia.id pada tautan ini.

Sudah 77 tahun berlalu sejak Soekarno membacakan teks proklamasi. Sejak itu pula, Indonesia telah meraih kemerdekaannya sebagai sebuah negara dengan wilayah yang luas dan populasi besar.

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-77 Indonesia, DataIndonesia.id merangkum berbagai data untuk memahami Indonesia secara lebih mendalam dari sisi geografis dan demografis.

Data tersebut meliputi luas wilayah, jumlah pulau, kabupaten/kota, desa/kelurahan, jumlah populasi, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, hingga golongan darah penduduk Indonesia. Selengkapnya di sini.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara 5° 54′ 08″ lintang utara (LU) hingga 11° 08′ 20″ lintang selatan (LS) dan 95°00’38“ bujur timur (BT) sampai 141°01’12“ BT.

Indonesia juga dilewati garis khatulistiwa dan berada di antara Benua Asia barat laut dan Benua Australia sebelah tenggara. Indonesia juga dikelilingi oleh Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Selengkapnya di sini.

Wilayah Indonesia terdiri dari 84% perairan dan 16% daratan.  Luas daratan Indonesia mencapai 1.916.906,77 km² dan luas lautannya 6,28 juta km². Wilayah tersebut setara jarak antara London, Inggris hingga Moskow, Rusia.

Data beserta visualisasi selengkapnya dapat disimak dalam laporan berjudul HUT ke-77 RI: Memahami Indonesia Lebih Dalam Lewat Data di DataIndonesia.id pada tautan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : DataIndonesia.id
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : DataIndonesia.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper