Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi: Cakupan Vaksinasi Covid Indonesia Masuk Lima Besar Dunia, Segini Angkanya

Presiden Jokowi mengklaim Indonesia berhasil masuk lima besar negara dengan catatan vaksinasi Covid-19 terbanyak di dunia.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  16:48 WIB
Jokowi: Cakupan Vaksinasi Covid Indonesia Masuk Lima Besar Dunia, Segini Angkanya
Presiden Joko Widodo tiba di Komplek Parlemen untuk mengikuti sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Jakarta, Selasa (16/8/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan keberhasilan Indonesia dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19, salah satunya adalah cakupan vaksinasi terhadap 432 juta orang hingga Senin (15/8/2022). Angka tersebut pun menempatkan Indonesia dalam daftar lima besar negara dengan cakupan vaksinasi Covid-19 tertinggi di dunia.
 
"Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia," tutur Jokowi dalam Pidato Kenegaraan, Selasa (16/8/2022). 
 
Lalu, berapakah capaian vaksinasi yang telah dilaporkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 untuk tiap-tiap dosis vaksin?  
 
Berdasarkan data yang dikeluarkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, pada Senin (15/8/2022), penerima vaksin dosis pertama bertambah sebanyak 14.732. Dengan demikian, total masyarakat yang telah menerima vaksin dosis pertama ialah sebanyak 202.966.570. 
 
Hal ini menandakan bahwa jumlah tersebut telah berhasil memenuhi 86,49 persen dari total target nasional yang sebelumnya ditetapkan pemerintah yaitu sejumlah 234.666.362 penduduk. 
 
Selanjutnya, Satgas juga mencatat pertambahan sebanyak 14.786 penerima vaksin dosis kedua pada hari yang sama. Dengan demikian, total penduduk yang telah memenuhi program vaksinasi dosis primer ialah 170.501.541 orang atau setara dengan 72,65 persen dari target nasional. 
Sementara itu, untuk vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama telah dijalankan oleh 58.642.419 penduduk Indonesia. Berdasarkan capaian tersebut, berarti total penerima vaksin dosis ketiga baru dapat memenuhi 24,98 persen sasaran penduduk. 
Namun, jumlah tersebut belum memenuhi standard yang telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu sebesar 50 persen dari total penduduk. 
 
Oleh karenanya, perluasan cakupan vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama disebutkan masih menjadi program prioritas milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 
Pasalnya, vaksinasi dosis ketiga dianggap masih menjadi salah satu pengendalian wabah terbaik yang dapat dilakukan suatu negera untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 serta meringankan gejala yang dialami oleh para penderitanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Jokowi Vaksin Covid-19 Virus Corona
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top