Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Pramuka 2022 Angkat Tema Mengabdi Tanpa Batas, 11.000 Penggalang Kumpul di Cibubur

Peringatan Hari Pramuka 2022 mengangkat tema Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.
Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso./ANTARA-Wahyu Putro A
Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso./ANTARA-Wahyu Putro A

Bisnis.com JAKARTA - Peringatan Hari Pramuka ke-61 yang berlangsung 14 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur dihadiri 11.000 penggalang dari seluruh Indonesia. 

Dalam kemah Hari Pramuka kali ini yang mengangkat tema 'Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa' itu, para Penggalang akan berkemah dengan beragam kegiatan pada 14-21 Agustus 2022. 

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso mengatakan tujuan jambore nasional ini untuk membentuk sikap dan perilaku para penerus bangsa. 

“[Serta] meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan, dan kesatuan pramuka penggalang,” kata Budi Waseso dalam siaran pers Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Pada Jumat (12/8/2022) lalu Budi Waseso juga sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dalam kesempatan itu Presiden menyebutkan tak bisa ikut membuka Jamnas yang diadakan tiap lima tahun sekali. 

“Tapi beliau berjanji akan melihat kegiatan itu dan datang ke lokasi Jamnas,” kata Kak Budi Waseso seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Perkemahan Jamnas yang berlangsung satu pekan ini diarahkan upaya pembinaan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik. Perkemahan ini tetap bersifat rekreasi, tapi mengutamakan unsur edukasi, inovasi, dan produktif. Unsur itu prinsip dasar dan metode kepramukaan dalam bentuk permainan, diskusi, simulasi, dan kompetisi.

Ada banyak kegiatan Jamnas di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur juga di luar perkemahan induk. Kegiatan itu antara lain keterampilan kepramukaan, peran pramuka dalam Kampung Pengembangan Berkelanjutan, Kampung Teknologi, kegiatan petualangan, Forum Penggalang, permainan persaudaraan, dan wisata edukasi di Jakarta.

Sebelum kegiatan Jamnas, semua peserta dipastikan telah mendapat vaksinasi tahap kedua dan membawa hasil negatif tes swab PCR atau antigen sesuai dengan kebijakan perjalanan dari daerah masing-masing ke Bumi Perkemahan Cibubur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper