Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lima Poin Kesepakatan Koalisi PKB dan Gerindra pada Pemilu 2024

Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendeklarasikan koalisi bersama untuk Pemilu 2024 pada hari ini, Sabtu (13/8/2022).
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 13 Agustus 2022  |  13:00 WIB
Lima Poin Kesepakatan Koalisi PKB dan Gerindra pada Pemilu 2024
Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendeklarasikan koalisi pada Pemilu 2024. Deklarasi berlangsung saat Rapimnas Gerindra 2022 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Sabtu (13/8/2022). JIBI - Bisnis/Surya Dua Artha Simanjuntak
Bagikan

Bisnis.com, BOGOR - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendeklarasikan koalisi bersama untuk Pemilu 2024 pada hari ini, Sabtu (13/8/2022).

Saat deklarasi, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menandatangani piagam kerja sama antarpartai.

Selanjutnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid membaca isi piagam kerja sama tersebut.

Dasco membacakan piagam terlebih dahulu. Dia menegaskan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat sesuai cita-cita kemerdekaan Indonesia, persatuan dan kesatuan bangsa harus selalu dijaga.

"Cita-cita kemerdekaan hanya dapat tercapai dengan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa membangun kehidupan secara seimbang baik lahir maupun batin dengan landasan Pancasila dalam segala bidang," jelas Dasco, Sabtu (13/8/2022).

Lalu, Jazilul melanjutkan, persatuan dan keutuhan bangsa merupakan tugas partai politik. Maka dari itu koalisi Gerindra-PKB merupakan wujud untuk menjaga Indonesia.

"Kerja sama Partai Gerakan Indonesia Raya [Gerindra] dan Partai kebangkitan bangsa [PKB] dengan sendirinya akan saling melipatgandakan kekuatan dan menjaga persatuan dan kebhinekaan Indonesia," jelas Jazilul.

Gerindra dan PKB telah menyetujui lima poin kesepakatan koalisi untuk Pemilu 2024:

1. Dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan Gerindra dan PKB bekerja sama dalam pemilu serentak tahun 2024.

2. Kerja sama Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan untuk Indonesia secara berdaulat adil makmur sejahtera dan aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia.

3. Kerja sama Gerindra dan PKB dilatarbelakangi keinginan untuk menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia yakni nasionalis dan religius untuk menghindari polarisasi masyarakat pada Pemilu 2024 dan dapat membuka koalisi dengan parpol lain atas persetujuan kedua belah pihak.

4. Calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kerja sama parpol Gerindra dan PKB akan ditentukan secara bersama-sama oleh ketua dewan pembina/Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar.

5. Kesepakatan kerja sama partai Gerindra dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang disepakati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemilu 2024 gerindra partai kebangkitan bangsa
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top