Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bocoran Capres Koalisi Indonesia Bersatu, Ada Sosok Kepala Daerah

Sosok kepala daerah menjadi salah satu calon potensial yang akan diusung Koalisi Indonesia Bersatu dalam kontestasi Pilpres 2024.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 10 Agustus 2022  |  16:40 WIB
Bocoran Capres Koalisi Indonesia Bersatu, Ada Sosok Kepala Daerah
Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani membeberkan kriteria calon presiden (capres) potensial yang akan diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Sebagai informasi, KIB terdiri dari PPP, Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN). KIB dideklarasikan pada pertengahan Mei lalu, namun hingga kini mereka belum menentukan nama capres usungannya.

"Yang jelas, dari antara [calon potensial] yang kita [KIB] lihat, adalah dari kabinet, dari yang jadi kepala daerah, dan ada yang pernah jadi kabinet dan pernah jadi kepala daerah," ujar Arsul saat ditemui awak media di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Arsul mengatakan KIB ingin mengusung capres dari internal koalisi. Meski begitu, KIB tak menutup kemungkinan melirik tokoh politik dari luar koalisi.

"Pada akhirnya, partai politik manapun termasuk yang ada di KIB, akan menentukan capres dan cawapres tentu berdasarkan popularitas, aksebtabilitas, dan elektabilitas," ungkap Arsul.

Menurutnya, KIB juga berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai capres potensial, sebab ketiga partai politik (parpol) yang tergabung dalam KIB berada di pemerintahan. Dalam hasil pembicaraan, Jokowi belum mau memberi dukungan kepada satu tokoh tertentu.

"Yang kami pahami Pak Jokowi itu sebetulnya memberikan kesempatan yang sama kepada sejumlah orang lah ya," jelas Arsul.

Selain itu, lanjut Arsul, KIB saat ini masih membangun komunikasi dengan parpol lain untuk bisa bergabung dengan KIB, terutama parpol non-parlemen. Menurut Arsul, koalisi yang besar jadi modal untuk KIB berkomunikasi dengan capres dan cawapres potensial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Koalisi Indonesia Bersatu ppp capres
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top