Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Teknologi Digital Maju Pesat, Ini Pesan Cak Imin untuk Pemerintah dan Pers

Ketum PKB Muhaimin Iskandar menyebut kemajuan teknologi digital membuat perubahan di semua aspek, termasuk pemerintah dan media massa atau pers.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 05 Agustus 2022  |  20:24 WIB
Teknologi Digital Maju Pesat, Ini Pesan Cak Imin untuk Pemerintah dan Pers
Ketum PKB Muhaimin Iskandar menyebut kemajuan teknologi digital membuat perubahan di semua aspek, termasuk berdampak pada pemerintah dan media massa atau pers - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyebut kemajuan teknologi digital membuat perubahan di semua aspek, termasuk berdampak pada pemerintah dan industri media massa atau pers.

Menurutnya, media massa arus utama dan pemerintah harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi digital tersebut.

"Pemerintah juga harus mengerti betul bahwa berbagai perkembangan teknologi digital harus bermanfaat bagi rakyat secara langsung. Pembatasan-pembatasan harus diubah menjadi kolaborasi bagi kemajuan teknologi digital," katanya dalam acara 10 Tahun Forum Pemred: Memajukan Pers, Menyatukan Bangsa, di Jakarta, Jumat (5/8/2022). 

Cak Imin, sapaan akrab Muhaiman, melanjutkan bahwa kemajuan teknologi digital di era reformasi sangat terkait dengan kebebasan. Menurutnya, kebebasan harus menjadi prioritas utama dalam berdemokrasi. Kebebasan inilah yang juga sangat terkait dengan hak asasi manusia, termasuk terhadap media massa. 

Lebih lanjut, Muhaimin memandang dua hal yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat soal kebebasan dan perkembangan teknologi digital tersebut.

Pertama, pemerintah harus melihat kritik atau oposisi sebagai nilai tambah, bukan ancaman. 

"Kedua, masyarakat dan media massa memiliki kebebasan juga dibatasi oleh kebebasan manusia lainnya," katanya.

Dia meyakini kebebesan dan reformasi di Indonesia saat ini masih terjaga dengan baik sehingga diharapkan keseimbangan ini  tetap terjaga sehingga kemajuan bangsa juga berlanjut sesuai harapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

muhaimin iskandar pkb teknologi digital pers media massa forum pemred
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top