Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR Berharap Vaksin Buatan Indonesia Diharapkan Launching 17 Agustus 2022

Anggota Komisi IX berharap vaksin buatan anak bangsa yaitu vaksin Merah Putih dan vaksin produksi Bio Farma dapat diluncurkan pada HUT Republik Indonesia.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 05 Agustus 2022  |  17:40 WIB
DPR Berharap Vaksin Buatan Indonesia Diharapkan Launching 17 Agustus 2022
Setelah masuk Tim Nasional Pengembangan Vaksin Merah Putih untuk mendukung kemandirian vaksin dalam negeri, LIPI harus bekerja keras untuk mewujudkan vaksin tersebut. - LIPI

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengharapkan agar vaksin buatan Indonesia yakni vaksin Merah Putih dan vaksin produksi perusahaan BUMN Bio Farma dapat segera diluncurkan pada 17 Agustus mendatang bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77. 

Menurut Mufida, capaian tersebut tentunya akan menjadi hadiah terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam perayaan hari kemerdekaan yang berlangsung pada masa pandemi Covid-19. 
 
"Kita tentu berharap vaksin karya anak bangsa benar-benar bisa menjadi kado Dirgahayu 77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus ini. Sehingga kita semua bisa merasakan kebanggaan, produk asli nasional bisa membantu penanggulangan pandemi Covid-19,” tutur Mufida dikutip dari laman dpr.go.id, Jumat (5/8/2022). 
 
Hingga saat ini, kedua vaksin tersebut masih berada dalam masa uji klinis fase ketiga yang sebelumnya telah dimulai pada Juni 2022 lalu.
 
Setelah lulus dari tahapan uji klinis, vaksin Merah Putih dan vaksin buatan Bio Farma tersebut masih harus mendapatkan Izin Edar Darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). 
 
"Saat ini baru Vaksin Merah Putih produksi PT Biotis Pharmaceuticals dan Universitas Airlangga (Unair) yang mendapat fatwa halal dan suci, sementara vaksin yang sedang dikembangkan Bio Farma masih dalam tahap pengajuan ke LPPOM MUI. Kita harapkan juga lolos uji kehalalannya,” kata Mufida.
 
Menurut Mufida, vaksin karya anak bangsa yang telah terbukti kehalalannya tersebut tentu mampu meningkatkan kembali animo masyarakat untuk segera mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster. 
 
"Kita sangat berharap vaksin karya anak bangsa ini sudah siap digunakan seperti semangat hari kemerdekaan tahun ini. Lewat vaksin karya anak bangsa dan terjamin kehalalannya, saya yakin antusiasme publik untuk booster bisa tinggi,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr Vaksin Covid-19 Covid-19
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top