Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Kunjungan Kerja Jokowi ke China dan Jepang

Lawatan Presiden Joko Widodo ke tiga negara di Asia Timur yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan telah dimulai sejak Senin (25/7/2022).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 27 Juli 2022  |  16:29 WIB
Hasil Kunjungan Kerja Jokowi ke China dan Jepang
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping, di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, China Selasa (26/7/2022) / BPMI Setpres - Laily Rachev.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tiga negara di Asia Timur yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan telah dimulai sejak Senin (25/7/2022) untuk bertemu dengan pemimpin dari ketiga negara itu.

Tentunya, pertemuan Jokowi membawa misi, yaitu membahas sejumlah isu, mulai dari global hingga kerja sama di sejumlah bidang mulai dari perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia.

Dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, di China pertemuan bilateral antara Jokowi dan Presiden China Xi Jinping dilakukan di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing pada Selasa (26/7/2022) sore yang menghasilkan sejumlah kesepakatan antara Indonesia dan China.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin menyampaikan komitmen untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara sekaligus kawasan dan dunia.

Dalam pertemuan keduanua, lahit 7 kesepakatan antara Indonesia dan China, yaitu pembaruan nota kesepahaman (MoU) sinergi poros maritim dunia dan Belt Road Initiative.

Selanjutnya, Indonesia-China juga sepakat terkait dengan MoU kerja sama pengembangan dan penelitian vaksin, genomika, MoU mengenai pembangunan hijau, pengaturan kerja sama kelautan, dan protokol mengenai ekspor nanas Indonesia.

Tidak hanya itu, Jokowi dan Xi Jinping juga menyepakati pengaturan kerja sama pertukaran informasi dan penegakan pelanggaran kepabeanan dan rencana aksi kerja aama pengembangan kapasitas keamanan siber dan teknologi.

Tokyo

Usai melakukan kunjungannya di China, orang nomor satu di Indonesia tersebut melanjutkan perjalanannya ke Tokyo, Jepang.

Jokowi dan Iriana beserta rombongan tiba di Bandar Udara Haneda, Tokyo, Jepang, Rabu dini hari (27/7/2022). Mereka tiba setelah menempuh penerbangan selama 3 jam dari Beijing, China.

Dalam pertemuan Jokowi dengan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio disepakati memperkuat kerja sama di bidang perdagangan dan investasi antara kedua negara.

“Kami [Indonesia-Jepang sepakat protokol perubahan IJEPA dapat diselesaikan dan ditandatangani pada KTT G20 di Bali, November mendatang,” ujar Jokowi, dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (27/7/2022).

Secara khusus Jokowi meminta agar Jepang dapat memberikan dukungan penurunan tarif untuk beberapa produk antara lain tuna, Pisang dan nanas serta akses pasar untuk produk mangga.

Dalam bidang investasi, Jokowi menyambut baik sejumlah investasi baru Jepang di Indonesia, dan menghargai proyek-proyek yang diselesaikan tepat waktu, juga mengundang investasi baru Jepang lainnya di berbagai bidang.

“Beberapa proyek strategis yang saya sampaikan agar dipercepat penyelesaiannya antara lain MRT Jakarta North-South Fase II dan East-West Fase I, Kawasan Industri Papua Barat, perluasan Pelabuhan Patimban dan Jalan Tol Akses Patimban, dan kami juga membahas komitmen kerja sama bagi kelanjutan Proyek Gas Masela,” katanya.

Jokowi juga mendorong dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi baru Jepang untuk mendukung beberapa proyek strategis Indonesia, terutama untuk hilirisasi komoditas alam, pengembangan mobil dan motor listrik, serta sektor kesehatan dan pangan.

Bahkan, dirinya secara khusus juga mengajak Jepang untuk mendukung percepatan pencapaian target net zero emission Indonesia melalui advokasi innovative technology seperti teknologi hydrogen dan ammonia.

Pengiriman TKI

Jokowi juga menawarkan kerja sama yang lebih intensif untuk pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Jepang. Presiden berharap dukungan Jepang dalam mempersiapkan tenaga kerja yang akan bekerja di Jepang.

Selain itu, Kepala Negara juga menyampaikan penghargaan atas dukungan Jepang terhadap presidensi Indonesia di G20, untuk memberikan kontribusi signifikan bagi pemulihan ekonomi global

Selanjutnya, Jokowi akan menutup rangkaian kunjungan kerjanya ke tiga Negara Asia Timur dengan terbang menuju Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi china jepang
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top