Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bupati Membrano Tengah DPO, KPK Kerja Sama dengan Papua Nugini?

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang kerja sama dengan Papua Nugini untuk mencari Bupati Membrano Tengah yang masuk daftar pencarian orang (DPO).
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 24 Juli 2022  |  12:22 WIB
Bupati Membrano Tengah DPO, KPK Kerja Sama dengan Papua Nugini?
Bupati Memberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (tengah) masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia merupakan tersangka dalam perkara dugaan suap dan gratifikasi terkait sejumlah proyek. - Dok. Pemkab Memberamo Tengah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan mempelajari kemungkinan kerja sama hukum dengan Papua Nugini terkait kaburnya Bupati Memberamo Tengah Ricky Ham Pagawak.

Diketahui, Bupati Memberamo Tengah tersebut dikabarkan kabur setelah menjadi tersangka perkara suap proyek di Kabupaten Memberamo Tengah.

"Kemudian yang kabur ke Papua Nugini ini Tentunya nanti akan kita lihat Bagaimana hubungan antara negara kita dengan Papua Nugini. Apakah ada perjanjian ekstradiksi atau apakah memungkinkan untuk MLA secara bersama agency to agency kita akan pertimbangkan," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto dalam tayangan YouTube KPK, dikutip Minggu (24/7/2022).

Karyoto juga mengakui bahwa saat ini KPK masih banyak memiliki 'tunggakan' buron. Dia pun mengaku KPK akan berusaha untuk melakukan langkah signifikan memburu buron.

Selain Ricky, terdapat sejumlah buron lainnya seperti Harun Masiku, Bos PT Darmex Group Surya Darmadi, mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Izil Azhar dan pemilik PT Perusa Sejati, Kirana Aotama.

"Kebetulan rekan-rekan juga tahu kita banyak tunggakan yang berkaitan dengan DPO, kami juga sedang berusaha untuk melakukan langkah-langkah yang signifikan ke arah situ," kata Karyoto.

Adapun, pada perkara ini Bupati Memberamo Tengah Ricky Ham Pagawak telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) KPK.

Ricky Ham Pagawak merupakan tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai proyek di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Tengah.

"Benar, KPK nyatakan, telah masuk dalam DPO," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Senin (18/7/2022).

Ricky berstatus buron lantaran tak kooperatif saat dipanggil oleh penyidik lembaga antirasuah. Dia pun kabur saat tim penyidik melakukan upaya penjemputan paksa ke Papua.

"Dalam pencarian ini, KPK juga mengapresiasi pihak Kepolisian khususnya Polda Papua yang turut membantu dalam pencarian DPO dimaksud," ujar Ali.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Ricky Ham Pagawak diduga kabur ke Papua Nugini melalui Vanimo. Dugaan kaburnya Ricky Ham Pagawak itu disampaikan Polda Papua yang membantu KPK mencari bupati Mamberamo Tengah dua periode tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK bupati papua nugini
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top