Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Momen Jokowi dan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta Tanam Pohon Gaharu

Presiden Jokowi dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos Horta bersama-sama menanam pohon Gaharu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (19/7/2022).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 19 Juli 2022  |  13:34 WIB
Momen Jokowi dan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta Tanam Pohon Gaharu
Presiden Jokowi danPresiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos Horta bersama-sama menanam pohon Gaharu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (19/7/2022) - YouTube Sekretariat Presiden
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos Horta bersama-sama menanam pohon Gaharu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (19/7/2022).

Penanaman pohon tersebut menjadi bagian dalam rangkaian acara kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste ke Indonesia. 

Dipantau melalui Youtube Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi memakai kemeja putih dilapisi jas dan masker cokelat yang menanti kedatangan Presiden Ramos Horta yang dikawal pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), pasukan marching band, pasukan berkuda dan pasukan berpakaian adat daerah.

Sebelum mengajak Jose Ramos Horta menanam pohon, Jokowi terlebih dahulu mengajaknya mengikuti upacara resmi penyambutan kenegaraan. Kedua Presiden tersebut kemudian memperkenalkan delegasi masing-masing masing-masing yang ikut dalam pertemuan bilateral.

Adapun menteri yang ikut bersama Jokowi yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik.

Sementara itu delegasi Timor Leste yakni Menteri Luar Negeri Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno, Menteri Transportasi dan Komunikasi José Agustinho da Silva, Menteri Pertanian dan Perikanan Pedro dos Reis, dan Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Filomeno Aleixo da Cruz.

Selanjutnya, kunjungan yang menerjemahkan sebagai simbol persahabatan selama puluhan tahun antara kedua Negara ini dilanjutkan melalui penanaman pohon antara kedua Presiden.

Pohon yang ditanam oleh kedua Kepala Negara tersebut adalah pohon Gaharu, di mana penanaman pohon memang menjadi prosesi yang selalu ada dalam penerimaan tamu negara di Istana Bogor.

Pohon Gaharu dipilih karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi serta memiliki aroma kayu yang khas.

Usai menanam pohon, Jokowi dan Jose Ramos Horta melakukan pertemuan tatap muka empat mata sebelum kemudian dilanjutkan dengan pertemuan bilateral didampingi delegasi kedua negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi timor leste kayu gaharu tanam pohon
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top