Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbedaan 3 Jalur SIMAK UI, Besaran Biaya dan Syaratnya

Hasil SIMAK UI diumumkan hari ini pukul 15.00 WIB, berikut jenis seleksi yang ditawarkan untuk calon mahasiswa baru.
Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

Bisnis.com, SOLO - Hasil seleksi masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) akan dirilis pada hari ini, Kamis (14/7/2022).

Pengumuman hasil SIMAK UI akan diunggah di situs resminya di penerimaan.ui.ac.id pukul 15.00 WIB.

Sebanyak 47.427 peserta bersaing untuk mengikuti Simak UI 2022 dengan rincian kelas S1 Internasional 1.243 peserta dan 46.184 untuk peserta S1 Regular, S1 Paralel, dan Vokasi D3/D4.

Nantinya, sebanyak 3.737 peserta akan dinyatakan lolos dalam seleksi masuk perguruan tinggi ini. Adapun diketahui, terdapat 3 jenis seleksi yang ada dalam SIMAK UI ini.

Simak UI Reguler

SIMAK UI Reguler merupakan program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK atau sederajat dengan batasan usia ijazah maksimal 3 tahun kelulusan pada saat pendaftaran.

Untuk biaya pendidikan, mahasiswa S1 Reguler baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun Simak UI memiliki nominal yang sama dan tanpa uang pangkal.

Rincian biaya pendidikan secara lengkap dapat dilihat di sini.

Simak UI Paralel

S1 Paralel UI ditujukan untuk SMA/SMK sederajat tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini hanya melalui ujian tulis SIMAK UI dan prestasi akademik PPKB.

SIMAK UI Paralel juga menerima mahasiswa untuk jurusan D3 tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini melalui Simak-Ekstensi.

Simak UI Kelas Internasional

S1 Kelas Internasional adalah program pendidikan reguler yang diselenggarakan atas dasar adanya kerja sama antara UI dan mitra kampus di luar negeri bereputasi internasional.

Jalur ini diperuntukan untuk calon mahasiswa dengan batasan usia ijasah maksimal 5 tahun kelulusan pada saat pendaftaran.

Jalur masuk program ini melalui Simak-KKI dengan materi ujian social sciences atau natural sciences sesuai dengan kelompok program studi yang dipilih dan jalur prestasi akademik Talent Scouting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper