Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gerindra dan PKB Sepakat Koalisi di Pemilu 2024

Kesepakatan koalisi antara PKB dan Gerindra terjadi dalam Silaturahmi Kebangsaan Gerindra dan PKB dengan tema "Kebangkitan Indonesia Raya".
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 30 Juni 2022  |  22:41 WIB
Gerindra dan PKB Sepakat Koalisi di Pemilu 2024
Ketua DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, dan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid saat menjawab pertanyaan mengenai kesepakatan koalisi tersebut, Kamis (30/6/2022). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya sepakat untuk membangun koalisi pada Pemilu 2024.

Kesepakatan koalisi antara kedua partai terjadi dalam Silaturahmi Kebangsaan Gerindra dan PKB dengan tema "Kebangkitan Indonesia Raya". Acara ini berlangsung di Kawasan Jakarta Pusat pukul 19.00 WIB.

"Kita sedang mencoba merumuskan Indonesia pada masa depan dalam Pemilu 2024, agar kerja sama antara PKB dan Gerindra sedang digagas di tingkat provinsi bisa efektif menggapai kemenangan," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra Ahmad Muzani, Kamis (30/6/2022).

"Menggapai kemenangan itu apa? ya itu kebangkitan Indonesia Raya," ujarnya.

Adapun acara tersebut dihadiri oleh elite kedua partai. Dari Gerindra, elite partai yang hadir di antaranya Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, serta 2 Wakil Ketua Umum Gerindra, yaitu Habiburokhman dan Sugiono.

Sedangkan dari PKB hadir Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, serta 2 Ketua DPP PKB Syaiful Huda dan Faisol Riza.

Selain elite partai acara itu juga dihadiri oleh seluruh DPD Gerindra Seluruh Indonesia dan DPW PKB Seluruh Indonesia. 

Usung Prabowo-Cak Imin?

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menegaskan bahwa partainya dan Gerindra hampir mencapai kesepakatan untuk mengusung Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 mendatang.

"Jadi pertemuan Mas Bowo [Prabowo] dengan Gus Muhaimin ini setidaknya sudah ada isyarat-isyarat positif sangat kuat untuk menjadi pasangan, sudah tukar cincin, cuma belum di publik saja" katanya saat dihubungi Bisnis, Minggu (19/6/2022).

Pengusungan pasangan itu telah dipastikan hanya tinggal menunggu waktu pendeklarisian. Jazilul mengatakan prediksinya untuk mempublikasi paslon tersebut pada minggu atau bulan ini.

"Kita cari hari yang baik, belum bisa menentukan mudah-mudahan dalam waktu minggu-minggu ini atau bulan-bulan ini," ujarnya.

Saat ini, komunikasi antara kedua partai tersebut masih terus berjalan baik. Menurutnya, soal waktu hampir mencapai kesepakatan. 

"Ini hampir menemukan kesepakatan waktu, tinggal menunggu pengumuman resmi deklarasi, mohon doanya agar ini segera di launching ke publik," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gerindra pkb Pemilu 2024
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top