Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-126: Turki Setuju 2 Negara Gabung NATO, Zelensky Minta Dukungan PBB

Berikut update perang Rusia vs Ukraina Hari ke-126. Turki setujui 2 negara untuk bergabung dengan aliansi NATO.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 29 Juni 2022  |  09:47 WIB
Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-126: Turki Setuju 2 Negara Gabung NATO, Zelensky Minta Dukungan PBB
Seorang wanita berjalan di depan sebuah apartemen yang rusak akibat serangan Rusia di Chernihiv, Ukraina, Senin (27/6/2022). Reuters - The Yomiuri Shimbun

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-126 sejak awal invasi pada akhir Februari 2022. Turki menyetujui 2 negara, Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan NATO.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pidato virtualnya kepada dewan keamanan PBB telah menuduh Vladimir Putin sebagai pemimpin yang membawa Rusia ke jalan teroris.

Berikut update serta rangkuman perang Rusia vs Ukraina hari ke-126 yang dikutip dari The Guardian pada Rabu (29/6/2022).

Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-126

Zelensky Desak PBB Keluarkan Rusia

Presiden Zelensky mendesak PBB untuk mendepak Rusia agar keluar dari keanggotaan organisasi dunia tersebut. Dia meminta PBB melakukan tindakan soal pembunuhan massal yang dilakukan Rusia agar pemahaman yang dikatakan sebagai “aktivitas teroris” itu tidak menyebar ke negara lain.

Selain itu, Zelensky juga mengajak PBB untuk mengunjungi lokasi serangan rudal di sebuah pusat perbelanjaan di kota Kremenchuk yang menewaskan 18 orang dari puluhan orang yang belum ditemukan.

Rusia Tuduh Zelensky Memanfaatkan PBB

Wakil Duta Besar Rusia untuk PBB Dmitry Polyanskiy mengatakan kepada dewan bahwa pidato Zelenskiy melalui video telah merusak otoritas dari badan tersebut.

Polyanskiy menjelaskan bahwa seharusnya dewan keamanan PBB tidak boleh diubah menjadi platform untuk kampanye. Dia juga menambahkan bahwa Presiden Ukraina itu memiliki maksud untuk mendapatkan lebih banyak senjata dari negara lain.

Turki Setujui Finlandia dan Swedia Gabung NATO

Selama KTT NATO, akhirnya Turki telah menyetujui bergabungnya Finlandia dan Swedia ke NATO dengan menandatanganu memorandum trilateral.

Turki merupakan negara aliansi yang menolak keras masuknya kedua negara Nordik tersebut ke dalam keanggotaan NATO. Turki memiliki kekhawatiran bahwa kedua negara tersebut dinilai akomodatif terhadap kelompok teroris.

Setelah penandatangan memorandum tersebut, Finlandia dan Swedia langsung mencabut embargo senjata mereka dengan melakukan amandemen undang- undang mereka tentang terorisme.

Tanggapan Barat Perihal Memorandum Trilateral Yang Dilakukan Pada KTT NATO

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyambut baik kesepakatan itu karena dapat memperkuat aliansi dan meningkatkan keamanan secara kolektif.

Tak hanya itu, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson menanggapi kesepakatan ini sebagai hal yang fantastis yang membuat negara-negara aliansi menjadi lebih kuat dan lebih aman.

Upaya Pertahanan Ukraina di Lysychansk

Gubernur Luhansk Serhiy Gaidai mengatakan bahwa saat ini asukan Ukraina akan mencoba untuk mempertahankan garis pertahanan mereka di timur kota Lysychansk, sebagai upaya untuk mengulur waktu dari kedatangan senjata barat dan dimanfaatkan pasukan Ukraina untuk mempersiapkan benteng pertahanan.

Kharkiv Kembali Diserang Pasukan Rusia

Setelah beberapa minggu tidak ada serangan yang terjadi di kota Kharkiv, baru-baru ini dilaporkan bahwa Rusia telah kembali menembaki Kharkiv dan menghantam gedung-gedung apartemen dan sekolah dasar. Hasil dari serangan tersebut menewaskan lima orang dan melukai 22 orang termasuk anak-anak.

Penangkapan Walikota Kherson

Pejabat Rusia di wilayah Kherson Ukraina mengatakan pasukan keamanan mereka telah menahan walikota Kherson, Ihor Kolykhayev setelah dia menolak untuk mengikuti perintah dari Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nato turki Perang Rusia Ukraina Volodymyr Zelensky
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top