Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kota Hiroshima Tuan Rumah KTT G7 Tahun 2023

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengumumkan bahwa konferensi G7 selanjutnya, akan diselenggarakan di Kota Hiroshima, Jepang pada 19-21 Mei 2023.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 29 Juni 2022  |  01:00 WIB
Kota Hiroshima Tuan Rumah KTT G7 Tahun 2023
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Jumat (29/4 - 2022) sore. Tangkapan Layar Youtube Setpres\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengumumkan bahwa konferensi G7 selanjutnya, akan diselenggarakan di Kota Hiroshima, Jepang pada 19-21 Mei 2023.

Hal ini disampaikan oleh Kishida dalam konferensi pers yang dilaksanakan setelah berakhirnya pertemuan G7 pada Selasa (28/6/2022).

“Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 selanjutnya akan berlangsung pada 19 Mei hingga 21 Mei 2023, di kota Hiroshima, Jepang,” ucap Kishida pada konferensi pers G7, Selasa (28/6/2022).

Adapun dalam kesempatan tersebut, Kishida juga membagikan alasan di balik pemilihan kota Hiroshima sebagai tuan rumah dalam KTT G7 selanjutnya.

Menurut Kishida, menjadi kota sasaran bom atom Amerika Serikat pada tahun 1945 lalu, pemilihan Kota Hiroshima dapat menunjukkan komitmen Jepang terhadap perlucutan senjata nuklir yang tidak boleh terulang ataupun dialami oleh negera manapun.

“Tidak ada kata lain yang lebih tepat untuk menyatakan komitmen bahwa kengerian penggunaan senjata nuklir tidak boleh terulang,” ucap Kishida dikutip dari TASS, Selasa (28/6/2022).

Sekedar informasi, bertempat di Schloss Elamu, Jerman, pelaksanaan KTT G7 2022, telah berhasil dijalankan selama dua hari, dari 26 hingga 28 Juni 2022.

Diketahui bahwa Indonesia menjadi salah satu tamu undangan sebagai negara mitra G7, beserta dengan beberapa negara lainnya seperti India, Senegal, Argentina, dan Afrika.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan bahwa salah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut yakni ialah upaya perdamaian di Ukraina serta pemecahan masalah krisis pangan.

"Di sini kita akan mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi, yang sedang melanda dunia. Memang upaya ini tidak mudah, tapi kita Indonesia akan terus berupaya," jelas Jokowi dalam keterangan tertulis pada Minggu (26/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang hiroshima G7
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top