Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Urutan Perjalanan Haji 2022, dari Berangkat hingga Pulang ke Tanah Air

Kementerian Agama telah merilis jadwal rencana perjalanan haji 1443 H/2022 H mulai dari keberangkatan dari tanah air, pelaksanaan ibadah di tanah suci sampai kembali lagi ke Indonesia.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 Juni 2022  |  17:55 WIB
Urutan Perjalanan Haji 2022, dari Berangkat hingga Pulang ke Tanah Air
Ilustrasi Ibadah Haji 2022 - Instagram: Haramain Info

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini, pemerintah Arab Saudi kembali membuka ibadah haji untuk muslim dari seluruh dunia.

Pada pembukaan perjalanan haji tahun ini, Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 100.051 jamaah dan 1.901 petugas.

Kuota Indonesia merupakan yang terbanyak dibanding dengan negara-negara lain yang mengirimkan jamaah untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima ini. Para jamaah haji Indonesia nantinya akan bergabung dengan jamaah dari berbagai penjuru dunia untuk melaksanakan rangkaian perjalanan haji.

Terkait hal ini Kementerian Agama telah merilis jadwal rencana perjalanan haji 1443 H/2022 H mulai dari keberangkatan dari tanah air, pelaksanaan ibadah di tanah suci sampai kembali lagi ke Indonesia.

Perjalanan operasional haji dimulai pada 4 Juni 2022 ditandai dengan penerbangan kloter pertama pada gelombang pertama menuju Bandar Udara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Gelombang pertama ini akan menerbangkan para jamaah sampai dengan 18 Juni 2022. Kemudian menyusul gelombang kedua yang akan dimulai pada 13-17 Juni 2022 menuju Bandar Udara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. 

Setelah semua jamaah sampai di tanah suci, mereka melaksanakan ibadah sambil menunggu puncak haji yakni Wukuf di Arafah. Para jamaah haji akan berangkat ke Arafah pada 7 Juli 2022 dan melaksanakan wukuf pada 8 Juli 2022. Setelah itu mereka akan melaksanakan rangkaian wajib haji seperti mabit di muzdalifah dan melempar jumrah di Mina.

Tepat di Hari Raya Idul Adha pada 9 Juli 2022 atau 10 Dzulhijjah 1443 H, jamaah haji sudah berada di Mina untuk melaksanakan lempar jumrah. Para jamaah akan berada di Mina sampai dengan 11 Juli 2022 atau 12 Dzulhijjah 1443 H bagi yang mengambil nafar awal, dan bagi yang mengambil nafar tsani akan berada di Mina sampai dengan 12 Juli 2022 atau 13 Dzulhijjah 1443 H. Selepas dari Mina, para jamaah melanjutkan kegiatan ibadah untuk menyelesaikan rukun haji di antaranya thawaf dan sai di Masjidil Haram. 

Setelah rangkaian ibadah haji selesai, jamaah gelombang pertama akan mulai dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Jeddah pada kurun waktu 16-30 Juli 2022.

Sementara jamaah gelombang kedua akan diberangkatkan dari Makkah ke Madinah mulai 21 Juli-5 Agustus 2022. Sambil menunggu jadwal pemulangan ke Tanah Air, mereka melaksanakan berbagai ibadah seperti ziarah ke Makam Rasulullah di Masjid Nabawi dan melaksanakan ibadah Arbain.

Pemulangan jamaah haji gelombang kedua ke Indonesia akan dimulai tanggal 31 Juli-14 Agustus 2022 dari Bandara Madinah. Tanggal 15 Agustus 2022 merupakan akhir dari kedatangan para jamaah haji di Tanah Air. Semoga menjadi haji mabrur dan mabrurah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji kemenag dana haji
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top