Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menko PMK Ungkap Target Indonesia di Forum GPDRR 2022

Menko PMK mengatakan, Forum GPDRR menjadi momentum memperkuat pengurangan risiko dan penanggulangan bencana. Indonesia menargetkan empat hal di forum tersebut.
Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA - Forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) tahun 2022 akan diselenggarakan pada 25-27 Mei 2022 di Nusa Dua Hall BNDCC, Bali.

Forum ini akan diikuti oleh 4.091 delegasi dari 193 negara, dimana 3.001 delegasi akan hadir in-person dan 1.096 delegasi via daring.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa Forum GPDRR merupakan momentum untuk memperkuat pengurangan risiko dan penanggulangan bencana.

"Dengan dipercayanya Indonesia sebagai tuan rumah forum internasional ini, menjadi momentum untuk memperkuat mitigasi, praktik baik pengurangan resiko bencana, termasuk penanggulangan bencana secara global dan nasional," ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (23/5/2022).

Nantinya, forum ini akan membahas banyak topik penting di antaranya adalah tata kelola risiko bencana, investasi risiko bencana, dan pemulihan pascapandemi Covid-19.

Menko Muhadjir menambahkan, ada beberapa target yang akan dicapai selama pagelaran global ini mulai dari proses pemulihan pascapandemi hingga upaya meningkatkan kesadaran publik terkait pengurangan dan penanggulangan risiko bencana.

"Target pertama lebih ke pemulihan pasca Covid-19, target kedua meningkatkan kesadaran publik dalam penanggulangan bencana, target ketiga melibatkan elemen penting pentaheliks dalam pengurangan risiko bencana, dan target keempat menunjukkan praktik baik yang sudah Indonesia lakukan," ungkapnya.

Adapun, sebelum Forum GPDRR tersebut dimulai, akan ada kegiatan penanaman sepuluh juta pohon pada 34 provinsi di Indonesia. Kegiatan tersebut sebagai wujud aksi nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental mendukung Forum GPDRR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper