Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menko PMK Lapor ke Jokowi: Mudik Lebaran 2022 Berjalan Lancar!

Menko PMK melaporkan hasil pelaksanaan mudik Lebaran 2022 kepada Presiden Jokowi dimana secara umum semuanya berjalan dengan baik
Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menghadap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta untuk melaporkan hasil pelaksanaan mudik Lebaran 2022.

Menko PMK selaku koordinator pelaksanaan mudik lebaran melaporkan bahwa pengaturan manajemen transportasi darat, laut, kereta api, dan udara, telah terlaksana dengan baik.

"Terkait pengaturan manajemen transportasi baik darat, laut, kereta api dan udara telah maksimal dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN serta Korps Lalu Lintas POLRI, TNI, Pemerintah Daerah, BUMN seperti PT Pertamina, PT Jasamarga, PT ASDP dan lain-lain," katanya melalui keterangan resmi, Kamis (19/5/2022).

Kemudian, Menko PMK menerangkan, berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2022, secara kumulatif dari H-7 sampai hari kedua lebaran (25 April-3 Mei 2022), jumlah pemudik yang menggunakan transportasi umum sebanyak 6,3 juta orang.

Muhadjir mengatakan, bukti pelaksanaan mudik 2022 berjalan sukses adalah angka kecelakaan yang menurun jika dibandingkan mudik tahun 2019.

Adapun, berdasarkan data Korlantas Polri, pada mudik Lebaran tahun ini tercatat terjadi 3.457 kasus kecelakaan lalu lintas atau turun 11 persen jika dibandingkan tahun 2019 sebanyak 3.875 kasus. Total Kasus kecelakaan tersebut mengakibatkan 530 orang meninggal dunia, menurun 40 persen dibandingkan tahun 2019 sebanyak 883 orang.

Sementara itu, korban luka berat meningkat 27 persen dibandingkan tahun 2019 sebanyak 380 orang atau menjadi 483 orang, dan korban luka ringan meningkat 3 persen dari tahun 2019 sebanyak 4.404 orang atau menjadi 4.517 orang pada tahun ini.

Lebih lanjut, Menko PMK menyatakan bahwa kepuasan masyarakat terhadap penanganan mudik juga sangat baik. Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia, 73,8 persen masyarakat merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan mudik lebaran 2022.

Perinciannya, 12,6 persen sangat puas dan 61,2 persen cukup puas. Kemudian, sekitaa 30 persen responden puas karena bisa Lebaran di kampung halaman dan 17,6 persen responden merasa penyelenggaraan mudik tahun ini membuat kehidupan kembali terasa normal.

Sementara itu, 6,2 persen responden mengaku puas karena infrastruktur dan moda transportasi yang semakin baik. Kemudian, masing-masing 3,4 persen responden menilai penyelenggaraan mudik tahun ini memberi manfaat perekonomian dan Lebaran menjadi lebih nikmat.

Menko Muhadjir menyampaikan apresiasi atas kerja keras seluruh pihak-pihak terkait yakni Kemenhub, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, Polri, TNI, Pemda dan jajaran BUMN sehingga pengelolaan mudik bisa berjalan baik.

"Saya selaku koordinator mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait sehingga pelaksanaan mudik ini berlangsung sukses, aman, sehat. Dan pelaksanaan mudik ini juga mendapatkan apresiasi dari Bapak Presiden," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper