Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jalani Proses Verifikasi, Partai Gelora Siap Jadi Peserta Pemilu 2024

Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menyatakan siap mengikuti seluruh tahapan Pemilu 2024.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 22 Mei 2022  |  21:36 WIB
Jalani Proses Verifikasi, Partai Gelora Siap Jadi Peserta Pemilu 2024
Jajaran pengurus Partai Gelora dipimpin Ketua Umum Anis Matta (tengah) dan Sekjen Mahfuz Sidik (paling kiri) bertemu dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo di Gedung Parlemen, Kamis (23/7). JIBI - Bisnis/John Andi Oktaveri \\n

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menyatakan siap mengikuti seluruh tahapan Pemilu 2024 menyusul langkah verifikasi internal yang dilakukan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) di seluruh provinsi Indonesia.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelora, Anis Matta mengatakan meski pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2024 di KPU baru dimulai pada Agustus mendatang, tapi DPN telah mulai menerima berkas verifikasi partai politik termasuk dari DPW Partai Gelora Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Timur (Kaltim), dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Ketua DPW Partai Gelora Kaltim menyerahkan berkas verifikasi parpol di 10 kabupaten/kota atau Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan 103 kecamatan atau Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

Sementara itu, Ketua DPW Sulbar Hajrul Malik membawa berkas dari 6 DPD dan 69 kecamatan. Sebelumnya, Ketua DPW Partai Gelora Kalsel Riswandi telah menyerahkan berkas verifikasi dari 12 kabupaten/kota, dan 86 kecamatan.

"Kita atur bergelombang penyerahan berkasnya sampai akhir bulan ini Mei. Seluruh berkas akan diproses oleh tim verifikasi di pusat," kata Anis dalam keterangan kepada wartawan, Minggu (22/5/2022).

Anis Matta berharap pada awal Juni 2022, KPU sudah bisa membuka SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik), meski pendaftaran resminya baru dibuka pada Agustus 2022.

Dengan demikian, Tim Pokja Partai Gelora untuk pendaftaran peserta Pemilu 2024 bisa langsung mengisi data SIPOL, dan pada pertengahan Juni diharapkan bisa selesai pengisian datanya.

“Artinya, Partai Gelora tidak hanya siap untuk mengikuti Pemilu 2024 atau sekedar lolos parliamentary threshold (PT) atau ambang batas parlemen saja, tetapi juga dapat memenuhi target lainnya,” ujarnya.

Ketua DPW Partai Gelora Kaltim Hadi Mulyadi yang saat ini menjadi Wakil Gubernur, mengatakan bahwa DPW Kaltim telah menuntaskan 100 persen persyaratan verifikasi parpol untuk keperluan pendaftaran di KPU.

"Luas Kalimantan Timur itu sama dengan luas Pulau Jawa, tapi dengan kerja keras dan perjuangan yang sangat luar biasa, 10 DPD dan 103 kecamatan sudah menyerahkan berkas 100 persen," katanya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Gelora Sulbar Hajrul Malik mempersilahkan Ketua Umum Partai Gelora untuk memilih DPD mana saja yang akan dilakukan verifikasi untuk membuktikan persyaratan parpol yang telah dikumpulkan.

"Kita persilahkan Ketua Umum memilih DPD mana saja untuk verifikasi, semuanya siap. Soal keterwakilan minimal 30 persen perempuan sudah kita penuhi, malahan di kepengurusan di DPD sudah hampir 50 persen," kata Hajrul Malik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai politik anis matta Pilpres 2024 Partai Gelora Pemilu 2024
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top