Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sampaikan Belasungkawa, Luhut Kenang Sosok Presiden UEA Sheikh Khalifa

Presiden EUA sekaligus Raja Abu Dhabi Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan tutup usia, Luhut menyampaikan ucapan belasungkawa dan menceritakan kebaikan sosok almarhum
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 14 Mei 2022  |  10:14 WIB
Presiden UAE Sheikh Khalifa bin Zayed al-Nahyan - Istimewa
Presiden UAE Sheikh Khalifa bin Zayed al-Nahyan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Uni Emirat Arab (UEA) tengah berduka atas kepergian Presiden EUA sekaligus Raja Abu Dhabi Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Jumat (13/5/2022).

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melalui akun Instagram pribadinya mengucapkan belasungkawa dan mengenang sosok Sheikh Khalifa yang menurutnya memiliki banyak kemiripan dengan Jokowi.

“Belasungkawa saya sampaikan kepada seluruh jajaran pemerintah dan juga rakyat Uni Arab Emirat atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden UAE dan Raja Abu Dhabi pada hari ini,” tulis @luhut.pandjaitan, Jumat (13/5/2022) malam.

Dalam unggahannya, Luhut bercerita mengenai kepemimpinan Sheikh Khalifa yang telah membawa transformasi terhadap UEA sehingga Indonesia banyak belajar dari kepemimpinannya.

Sejak Sheikh Khalifa menjadi Presiden UEA pada 2004, kata Luhut, dia telah memimpin restrukturisasi besar-besaran sehingga saat ini transformasi yang dilakukan oleh UAE menjadi negara yang paling maju dan modern di kawasan, baik dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun kesejahteraan rakyat.

Menko menilai Sheikh Khalifa adalah pemimpin UEA yang pertama kali menginisiasi sistem nominasi untuk anggota Dewan Nasional Federal. Langkah tersebut adalah inovasi dalam sistem pemilihan langsung di UEA. 

“Saya rasa berkat kerja dan inovasi yang beliau lakukan, Indonesia banyak belajar bagaimana membangun negeri yang maju dan modern pengetahuannya sekaligus memakmurkan segenap rakyatnya,” kata Luhut.

Di lain sisi, Luhut melihat beberapa sifat dari Sheikh Khalifa yang memiliki beberapa kemiripan dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Meskipun hanya pernah sekali bertatap muka, namun sosok Sheikh Khalifa yang saya kenal punya banyak kemiripan dengan Presiden Joko Widodo. Yaitu seorang pendengar yang baik, begitu rendah hati dan punya kepedulian yang tinggi pada kepentingan rakyat UAE secara keseluruhan,” tulis Luhut dalam unggahan yang sama.

Sheikh Khalifa diketahui telah berjuang melawan stroke sejak 2014 dan setelah itu jarang terlihat di depan publik. Sementara itu, sang Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed (MBZ) membantu Sheikh Khalifa dalam menjalankan pemerintahannya.

“Selamat Jalan Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, saya berharap keluarga yang ditinggalkan khususnya Pangeran Mohammad Bin Zayed Al Nahyan diberikan ketabahan dan selalu dalam lindungan Tuhan YME dalam memimpin negeri,” tutup Luhut. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi uea Luhut Pandjaitan
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top