Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal dan Link Live Streaming Sidang Isbat Idulfitri 2022

Berikut jadwal dan link live streaming sidang isbat Idulfitri 2022 yang berlangsung pada Minggu (1/5/2022).
Sesi pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1440H secara hisab oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama di Auditorium HM Rasjidi./@Kemenag_RI
Sesi pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1440H secara hisab oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama di Auditorium HM Rasjidi./@Kemenag_RI

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan Hari Raya Idulfitri 2022 atau 1 Syawal 1443 H pada 2 atau 3 Mei 2022 pada Minggu (1/5/2022). Simak jadwal dan link live streaming di sini. 

Acara tersebut rencananya akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag RI Jalan MH. Thamrin No. 6, Jakarta Pusat pukul 17.00 WIB. 

Menurut Instagram Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kemenag RI sebelum penetapan Idul Fitri 2021, akan dilakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di beberapa lokasi di Indonesia.

Para petugas Rukyatul Hilal merupakan ahli Hisab Rukyat di seluruh penjuru Nusantara, yang dalam pelaporannya dilengkapi dengan pernyataan di bawah sumpah, sehingga integritas dan jaminannya terjamin.

"Hasil pengamatan hilal tersebut kemudian akan dilaporkan dalam Sidang Isbat Penetapan Awal Syawal antara Menteri Agama bersama dengan Ormas-Ormas Islam," kata Ditjen Bimas Islam di Instagram, dikutip Minggu (1/5/2022). 

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin sebelumnya menyiratkan kemungkinan Idul Fitri akan jatuh pada 2 Mei.

Menurutnya, secara hisab posisi hilal di Indonesia saat Sidang Isbat awal Syawal 1443 H mendatang, sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat.

"Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS," kata Kamaruddin lewat keterangan tertulis, Senin, 25 April 2022.

Berikut agenda Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah

  1. Seminar Posisi Hilal (Live streaming Channel Youtube Bimas Islam) Pukul 18.00 WIB).
  2.  Sidang Isbat diawali Salat Maghrib (Tertutup untuk umum) Pukul 19.15 WIB.
  3. Telekonferensi Pers Penetapan 1 Syawal 1443 H ( Disiarkan secara daring melalui siaran TVRI sebagai TV Pool / live streaming Medsos Kemenag) 

Link Live Streaming Sidang Isbat Idulfitri 1443 Hijriah

  1. Live streaming TVRI di https://tvri.go.id/live
  2. Kanal Youtube Kementerian Agama di https://www.youtube.com/c/KementerianAgamaPusat
  3. Media sosial Kementerian Agama, Instagram @kemenag_ri atau @bimasislam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper