Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah PDSI Deklarasi, Muncul 3 Instruksi dan Video Tanggapan Ketua Umum IDI

Sejumlah ketua IDI wilayah di Indonesia menegaskan, bahwa mereka bangga menjadi dokter, dan menjaga persatuan di dalam IDI.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 29 April 2022  |  14:23 WIB
Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) resmi dideklarasikan pada hari ini, Rabu (27/4/2022). Dengan berdirinya organisasi ini, maka IDI bukan lagi satu-satunya organisasi profesi kedokteran di Indonesia. JIBI - Bisnis/ Szalma Fatimarahma
Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) resmi dideklarasikan pada hari ini, Rabu (27/4/2022). Dengan berdirinya organisasi ini, maka IDI bukan lagi satu-satunya organisasi profesi kedokteran di Indonesia. JIBI - Bisnis/ Szalma Fatimarahma

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah di Indonesia menegaskan, bahwa mereka bangga menjadi dokter, dan menjaga persatuan di dalam IDI

Penegasan itu disampaikan para ketua IDI wilayah di Indonesia dalam video berjudul: IDI Reborn. IDI Satu untuk Semua.

Video itu diunggah di Instagram resmi @ikatandokterindonesia, yang dipantau pada Jumat (29/4/2022).

Adapun, ketua IDI wilayah yang muncul pada video itu adalah: Ketua IDI Wilayah Jawa Timur Dr Sutrisno SpOG(K), Ketua IDI Wilayah Kalimantan Timur Dr Nataniel Tandirogang MSi, Ketua IDI Wilayah Aceh Dr Safrizal Rahman MKes, Ketua IDI Wilayah Jawa Barat Dr Eka Mulyana SpOT, Ketua IDI Wilayah Gorontalo Dr Irianto Dunda SpS.

Sebelum para ketua IDI wilayah itu menyampaikan pesan,  sejumlah foto muncul yang memaparkan sejarah berdirinya IDI.

Disebutkan, IDI resmi berdiri pada 24 Oktober 1950 dan menjadi satu-satunya perkumpulan dokter di seluruh Indonesia.

Selama 71 tahun. IDI telah membantu menjaga dan meningkatkan sistem kesehatan di Indonesia.

IDI juga akan terus melayani bangsa Indonesia dan melindungi hak para dokter di Indonesia, sekarang dan selamanya.

Melalui unggahan tersebut, sejumlah pengurus IDI yang menegaskan bahwa mereka bangga menjadi dokter Indonesia dan akan tetap menjaga persatuan di dalam IDI.

Video itu ditutup dengan kemunculan Ketum PB IDI dr Adib Khumaidi mengajak seluruh anggota IDI menjaga soliditas, menjunjung tinggi etik, disiplin, dan kehormatan dokter Indonesia.

Sebelumnya, Ketum IDI mengeluarkan Surat edaran (SE) Nomor 191/PB/A.2/04/2022 diteken Ketua Umum IDI pada Kamis, 28 April 2022, yang berisi tiga seruan.

1. Menginstruksikan kepada anggota IDI di seluruh Indonesia untuk tetap menjaga marwah organisasi, etika profesi, dan tidak terpancing isu-isu negatif yang dapat memecah belah kesolidan profesi dan internal organisasi.

2. Mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku, AD/ART IDI, dan ORTALA IDI.

3. Tetap bersama dan bersatu dalam Ikatan Dokter Indonesia.

Bisnis mencoba mengonfirmasi surat edaran dan berdirinya organsiasi profesi kedokteran selain IDI yakni Perkumpulan Dokter Seluruh Indoensia (PDSI), namun hingga berita ini diturunkan, Adib belum merespons.

Seperti diberitakan sebelumnya, PDSI deklarasi Rabu, 26 April 2022 di Jakarta. PDSI mengantongi izin dari pemerintah berupa Surat Keputusan (SK) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI No. AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian PDSI.

Ketua Umum PDSI adalah  Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyatno Sp.B.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dokter ikatan dokter indonesia PDSI (Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia)
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top