Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hari Kartini, Jokowi: Indonesia Selalu Melahirkan Perempuan Tangguh

Jokowi memperingati Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 dengan meyakini bahwa Indonesia selalu memiliki penerus semangat dan perjuangan Kartini pada setiap zamannya.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 21 April 2022  |  12:26 WIB
Hari Kartini, Jokowi: Indonesia Selalu Melahirkan Perempuan Tangguh
Presiden Joko Widodo - Biro Pers Sekretariat Presiden
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut memperingati Hari Kartini Tahun 2022 dengan meyakini Indonesia selalu melahirkan sosok perempuan tangguh dan hebat.

Dikutip melalui akun instagram @jokowi, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia selalu memiliki penerus semangat dan perjuangan Kartini dengan versinya masing-masing pada setiap zaman.

"Setiap zaman di sepanjang sejarahnya, Indonesia selalu melahirkan perempuan-perempuan yang tangguh, berpengaruh, dan menjadi inspirasi," katanya seperti dikutip dari laman Instagramnya @jokowi, Kamis (21/4/2022).

Kepala Negara meyakini, kekinian setiap perempuan terus mengambil peranannya masing-masing untuk mendukung kemajuan bangsa. Tujuannya, agar Indonesia bisa tetap kuat tegak berdiri.

"Mereka mengambil peran di semua palagan pengabdian yang membuat bangsa besar ini tetap tegak dan melangkah maju," ujarnya.

Kartini adalah salah satu pahlawan nasional wanita yang paling berpengaruh di negara ini. Hari kelahirannya pada 21 April selalu diperingati sebagai titik balik perjuangan kelompok peremuan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Penetapan 21 April sebagai Hari Kartini tertuang Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 yang ditandatangani pada 2 Mei 1964.

Kemudian, RA Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional karena jasa-jasanya dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan.

Dia bertekad ingin memajukan pola pikir dan emansipasi yakni perempuan juga berhak mengenyam pendidikan.

Atas perjuangannya tersebut, Kartini dikenang sebagai sosok pahlawan dan simbol pergerakan kaum perempuan hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi perempuan kartini hari kartini pahlawan nasional.
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top