Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Kartini, Jokowi: Indonesia Selalu Melahirkan Perempuan Tangguh

Jokowi memperingati Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 dengan meyakini bahwa Indonesia selalu memiliki penerus semangat dan perjuangan Kartini pada setiap zamannya.
Presiden Joko Widodo / Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo / Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut memperingati Hari Kartini Tahun 2022 dengan meyakini Indonesia selalu melahirkan sosok perempuan tangguh dan hebat.

Dikutip melalui akun instagram @jokowi, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia selalu memiliki penerus semangat dan perjuangan Kartini dengan versinya masing-masing pada setiap zaman.

"Setiap zaman di sepanjang sejarahnya, Indonesia selalu melahirkan perempuan-perempuan yang tangguh, berpengaruh, dan menjadi inspirasi," katanya seperti dikutip dari laman Instagramnya @jokowi, Kamis (21/4/2022).

Kepala Negara meyakini, kekinian setiap perempuan terus mengambil peranannya masing-masing untuk mendukung kemajuan bangsa. Tujuannya, agar Indonesia bisa tetap kuat tegak berdiri.

"Mereka mengambil peran di semua palagan pengabdian yang membuat bangsa besar ini tetap tegak dan melangkah maju," ujarnya.

Kartini adalah salah satu pahlawan nasional wanita yang paling berpengaruh di negara ini. Hari kelahirannya pada 21 April selalu diperingati sebagai titik balik perjuangan kelompok peremuan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Penetapan 21 April sebagai Hari Kartini tertuang Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 yang ditandatangani pada 2 Mei 1964.

Kemudian, RA Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional karena jasa-jasanya dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan.

Dia bertekad ingin memajukan pola pikir dan emansipasi yakni perempuan juga berhak mengenyam pendidikan.

Atas perjuangannya tersebut, Kartini dikenang sebagai sosok pahlawan dan simbol pergerakan kaum perempuan hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper