Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Cegah Anak Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran Nanti

Saat sedang mudik Lebaran, anak kecil bisa saja tiba-tiba mabuk perjalanan. Ada beberapa cara untuk mencegah mabuk darat saat naik mobil.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 18 April 2022  |  16:02 WIB
5 Cara Cegah Anak Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran Nanti
Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Bagikan

4. Ajak Anak Berinteraksi

Jika anak Anda rentan mabuk kendaraan, cobalah mengalihkan perhatiannya selama perjalanan dengan mengajaknya terlibat dalam beberapa interaksi seperti berbicara, mendengarkan musik, atau menyanyikan lagu Bersama.

Peran orang tua dalam menciptakan kesan perjalanan yang baik sangat dibutuhkan selama perjalanan mudik berlangsung. Orang tua juga perlu memastikan kenyamanan posisi duduk anak saat perjalanan, guna menghindari sang anak mabuk perjalanan.

5. Gunakan obat

Jika Anda merencanakan perjalanan yang cukup jauh, orang tua dapat menanyakan kepada dokter dan meminta resep obat anti mabuk untuk anak seperti penggunaan antihistamin yang dijual bebas yakni dimenhydrinate (Dramamine) atau diphenhydramine (Benadryl), untuk mencegah si kecil mabuk kendaraan. 

Kedua obat tersebut bekerja paling baik jika diminum sekitar satu jam sebelum bepergian. Baca label produk dengan cermat untuk menentukan dosis yang tepat dan bersiaplah untuk kemungkinan efek samping, seperti kantuk. Antihistamin yang tidak membuat mengantuk tampaknya tidak efektif untuk mengobati mabuk perjalanan.

Jika anak Anda mulai mengalami mabuk kendaraan, hentikan mobil sesegera mungkin dan biarkan anak Anda keluar dan berjalan-jalan atau berbaring telentang selama beberapa menit dengan mata tertutup. Menempatkan kain dingin di dahi anak Anda juga dapat membantu menangani mabuk kendaraan pada sang anak.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak Mudik Lebaran mudik
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top