Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pesan Wapres ke Pengusaha Minang: Selain Merantau, Perkuat UMKM Kampung Halaman

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengimbau pengusaha Minang yang sukses untuk turut berkontribusi menguatkan UMKM di kampung halaman.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 12 April 2022  |  19:27 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021). - Antara
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengimbau pengusaha Minang yang sukses untuk turut berkontribusi menguatkan UMKM di kampung halaman.

“Penguatan UMKM juga dapat dilakukan melalui kontribusi filantropi pengusaha Minang yang telah sukses. Pengusaha Minang termasyhur sebagai perantau di dalam dan di luar negeri sehingga memiliki jejaring yang luas,” ujarnya saat meresmikan Pembukaan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) secara virtual, Selasa (12/4/2022).

Lebih lanjut Wapres mengungkapkan, menurut data East Ventures Digital Competitiveness Index 2022, Sumatera Barat (Sumbar) menempati peringkat ke-9 daya saing digital provinsi di Indonesia, naik tiga peringkat dari tahun lalu, dan menjadi provinsi terbaik kedua di Pulau Sumatra.

“Saya mengapresiasi Pemerintah Sumbar yang terus memperluas jaringan internet hingga ke perdesaan, yang akan mendorong transformasi digital UMKM di seluruh Sumbar,“ katanya.

Ma’ruf melanjutkan, Sumbar dikenal sebagai sentra UMKM sejak dahulu. Sekitar 89 persen perekonomian daerah Sumbar ditopang oleh 600 ribu-an unit UMKM.

Selain itu, dua berharap, pengusaha Sumbar yang telah sukses, berfilantropi dalam menolong menerbangkan sayap UMKM Sumbar.

“Sebagaimana pepatah Minang nan barek samo dipikua, nan ringan samo dijinjiang [berat sama dipikul, ringan sama dijinjing],” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumatra barat wapres ma'ruf amin
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top