Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia Vs Ukraina: Rusia Ingkar Janji, Chernihiv Terus Diserang Usai Negosiasi Damai

Pejabat Ukraina melaporkan penembakan di sekitar Ibu Kota Kyiv dan kota utara Chernihiv meskipun ada janji dari Moskow untuk mengurangi operasi milite.r
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  17:07 WIB
Anggota Korps Sukarelawan Ukraina menembakkan howitzer, saat serangan Rusia ke Ukraina terus berlanjut, di sebuah titik di Zaporizhzhia, Ukraina, Senin (28/3/2022). - Antara/Reuters
Anggota Korps Sukarelawan Ukraina menembakkan howitzer, saat serangan Rusia ke Ukraina terus berlanjut, di sebuah titik di Zaporizhzhia, Ukraina, Senin (28/3/2022). - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pejabat Ukraina melaporkan penembakan di sekitar Ibu Kota Kyiv dan kota utara Chernihiv pada Rabu (30/3/2022), meskipun ada janji dari Moskow untuk mengurangi operasi militer di sana.

Pasukan Rusia juga menembaki hampir semua kota di sepanjang garis depan yang memisahkan wilayah yang dikuasai pemerintah Ukraina dari wilayah yang dikuasai oleh separatis dukungan Rusia di wilayah Donetsk timur, kata gubernur regional, dan pertempuran sengit dilaporkan terjadi di kota pelabuhan selatan Mariupol.

Gubernur wilayah Chernihiv, Viacheslav Chaus, mengatakan dia tidak melihat adanya penurunan dalam serangan Rusia.

"Apakah kami percaya (janji untuk mengurangi kegiatan militer)? Tentu saja tidak," tulis Chaus di aplikasi perpesanan Telegram seperti dilansir Channelnewsasia, Rabu (30/3/2022).

Penurunan aktivitas di wilayah Chernihiv ditunjukkan oleh musuh yang melakukan serangan di (kota) Nizhyn, termasuk serangan udara, dan sepanjang malam mereka menyerang (kota) Chernihiv.

Oleksiy Arestovych, seorang penasihat Presiden Volodymyr Zelenskyy, mengatakan Rusia sedang memindahkan pasukan dari Ukraina utara ke wilayah timur untuk mencoba mengepung pasukan Ukraina di sana.

Dia mengatakan Rusia akan menahan beberapa pasukan di dekat Kyiv untuk mencoba mencegah pasukan Ukraina memperkuat front timur.

"Meskipun Rusia menarik beberapa pasukan dari (sekitar) Kyiv, mereka masih akan meninggalkan pasukan tertentu di sini (dekat Kyiv) untuk menjaga pasukan kami di sini," kata Arestovych dalam komentar yang disiarkan televisi.

Wakil Wali Kota Kyiv Mykola Povoroznyk mengatakan kepada televisi nasional bahwa Ibu Kota itu sendiri tidak ditembaki dalam semalam.

"Malam berlalu relatif tenang, dengan suara sirene dan suara tembakan dari pertempuran di sekitar kota, tetapi tidak ada penembakan di kota itu sendiri" katanya.

Gubernur wilayah Khmelnitskyi di Ukraina barat Serhiy Hamaliy mengatakan, bahwa pasukan Rusia telah menyerang fasilitas industri di wilayah itu dalam tiga serangan semalam.

Gubernur Serhiy tidak memberikan rincian target atau kerusakan, tetapi mengatakan kebakaran telah "dilokalisasi" dan pemeriksaan sedang dilakukan untuk menentukan apakah ada korban.

Arestovych mengatakan pertempuran jalanan di Mariupol berlangsung sengit dan separuh kota telah direbut oleh pasukan Rusia.

Vitaliy Kim, Gubernur wilayah Mykolayiv di Ukraina selatan, mengatakan pertempuran juga berlanjut di sekitar Kherson yang diduduki di Laut Hitam dan di wilayah itu secara keseluruhan.

"Kami tidak santai, kami sedang bekerja untuk memperkuat kemampuan pertahanan kami," kata Kim.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top