Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-31: Zelenskiy Pantang Mundur, Putin Teken UU Hoaks

Berikut rangkuman kejadian perang Rusia vs Ukraina hari ke-31. Mulai dari Presiden Zelensky yang pantang mundur hingga Putin teken UU hoaks di Rusia.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 26 Maret 2022  |  13:24 WIB
Warga Ukraina terpaksa mengungsi dari rumahnya lantaran pasukan Rusia membombardir kota Mariupol, Ukraina - Aljazeera
Warga Ukraina terpaksa mengungsi dari rumahnya lantaran pasukan Rusia membombardir kota Mariupol, Ukraina - Aljazeera

Bisnis.com, JAKARTA – Perang Rusia vs Ukraina hari ke-31 masih berlanjut, meskipun serangan tentara Rusia terlihat mulai mereda. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pantang mundur dan mendesak Rusia untuk merundingkan diakhirinya perang.

Namun, dia menegaskan bahwa Ukraina tidak akan setuju untuk menyerahkan wilayahnya untuk mencapai perdamaian. Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani UU tentang hoaks. 

Berikut rangkuman kejadian perang Rusia vs Ukraina hari ke-31 seperti dilansir The Guardian pada Sabtu (26/3/2022) 

Update Perang Rusia vs Ukraina hari ke-31

1. Bantuan Kemanusiaan Prancis untuk Ukraina

Presiden Prancis Emmanuel Macron berusaha membentuk koalisi internasional untuk mengevakuasi warga sipil dari Mariupol, Ukraina. Macron mengatakan Prancis bekerja sama dengan Turki dan Yunani dalam operasi kemanusiaan. Dia juga sedang berusaha untuk berdiskusi dengan Putin selama 2 atau 3 hari ke depan untuk mengevakuasi warga sipil keluar dari wilayah tersebut.

2. Biden Ungkap Kerugian Invasi Rusia di Eropa Timur

Presiden AS Joe Biden telah mengunjungi kota Polandia Rzeszów untuk menunjukkan bahwa invasi Rusia ke Ukraina juga akan mendatangkan malapetaka di lingkungan Eropa Timur.

3. Serangan Mematikan Rusia di Mariupol 

Pihak berwenang di Mariupol mengatakan sebanyak 300 orang tewas akibat serangan bom milik Rusia pekan lalu. Kejadian itu menempatkan korban tewas untuk pertama kalinya pada serangan tunggal paling mematikan sejak Moskow melancarkan serangan.

4. Kekalahan Komandan Rusia oleh Pemberontak

Para pejabat wilayah Barat mengatakan seorang komandan Rusia dikalahkan oleh pasukan pemberontak selama pertempuran di Ukraina, sebagai tanda dari apa yang mereka gambarkan sebagai "tantangan moral" yang dihadapi oleh pasukan penyerang Rusia.

5. Diskriminasi Budaya/Seniman Rusia di Barat

Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh barat mendiskriminasi budaya Rusia dan membandingkan perlakuan terhadap tokoh budaya Rusia dengan penulis Harry Potter JK Rowling yang sama-sama mendapat boikot.

6. Putin Sahkan Undang-Undang Hoaks

Presiden Vladimir Putin menandatangani undang-undang yang memberi hukuman penjara hingga 15 tahun karena menerbitkan apa yang dianggap “Kremlin” sebagai informasi "palsu" atau hoaks tentang tindakan Rusia di luar negeri.

7. Fase ke-2 Invasi Dimulai 

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada hari Jumat bahwa fase pertama dari operasi militernya secara umum selesai dan akan fokus pada "pembebasan" wilayah Donbas timur Ukraina.

Para pejabat AS berhati-hati tentang apakah ini berarti Kremlin mengurangi tujuan keseluruhannya di tengah kampanye perang yang serampangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vladimir putin Perang Rusia Ukraina Volodymyr Zelensky
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top