Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buruh dan Petani Desak Jokowi, Turunkan Harga Minyak Goreng dan Copot Mendag!

Perwakilan buruh dan petani mendesak Presiden Jokowi untuk turunkan harga minyak goreng dan mencopot Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 23 Maret 2022  |  16:48 WIB
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Said Iqbal, di sela aksi depan gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Jumat (11/3/2022). - Antara
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Said Iqbal, di sela aksi depan gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Jumat (11/3/2022). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kelompok buruh hingga petani mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menurunkan harga minyak goreng dan bahan pokok dalam seminggu. 

Pernyataan itu diungkapkan Presiden Partai Buruh Said Iqbal setelah melakukan audiensi dengan Kementerian Perdagangan selaku perwakilan pemerintah. Jika tuntutan tak dipenuhi, mereka minta Jokowi segera mencopot Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

“Bilamana ini tidak dilakukan oleh pemerintah, Partai Buruh, Serikat Petani Indonesia, hingga serikat-serikat yang ada di Indonesia akan melakukan aksi besar-besaran di seluruh Indonesia,” katanya pada konferensi pers, Kamis (23/3/2022).

Dia menegaskan ultimatum kelompok buruh hingga petani tersebut bukan gertak sambal. Said menjelaskan bahwa anggota partai buruh sudah ada di seluruh pelosok Indonesia.

“Karena ini serius tentang persoalan minyak goreng. Ganti Menteri Perdagangan, walaupun itu hak presiden,” jelasnya.

Pada audiensi yang berlangsung selama dua jam pada Selasa (22/3/2022), Said menuturkan pertemuan dengan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan.

Ada tiga hal yang buruh dan petani tuntut. Pertama, mereka mendesak pemerintah menurunkan harga minyak goreng, khususnya jenis kemasa. 

Kedua, turunkan harga bahan pokok. Pasalnya, yang terjadi saat ini harga daging hingga cabai ikut mengalami kenaikan.

"Terakhir, kami minta Jokowi copot Menteri Lutfi," 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi mendag minyak goreng
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top