Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-21, Ini Isi Pidato Volodymyr Zelenskyy di Kongres AS

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato di Kongres Amerika Serikat (AS) pada Rabu (16/3/2022) melalui konferensi video.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberikan keterangan melalui video yang diunggah di Facebook
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberikan keterangan melalui video yang diunggah di Facebook

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato di Kongres Amerika Serikat (AS) pada Rabu (16/3/2022) melalui konferensi video.

Dia berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan AS kepada Ukraina dan meminta lebih banyak lagi dukungan.

Pemimpin Ukraina itu meminta Presiden AS Joe Biden menjadi pemimpin perdamaian. Dia mengulangi seruan untuk zona larangan terbang di atas Ukraina.

Dia juga menyerukan sanksi lanjutan, yakni memasukkan politisi Rusia yang mendukung invasi ke Ukraina ke dalam daftar, agar AS menutup pelabuhan untuk barang-barang Rusia, dan pebisnis AS meninggalkan Rusia.

Berikut petikan isi pidato Zelenskyy di Kongres AS dikutip dari Aljazeera.com, Kamis (17/3/2022).

"Selamat pagi. Selamat pagi, Pak Presiden.

Kemuliaan bagi para pahlawan. Terima kasih banyak, Ibu Ketua, anggota Kongres, hadirin sekalian. Warga Amerika, teman-teman, saya bangga menyambut Anda dari Ukraina, dari Ibu Kota kami Kyiv – sebuah kota yang berada di bawah serangan rudal dan udara dari pasukan Rusia, setiap hari.

Tapi kami tidak menyerah dan bahkan tidak memikirkannya sedetik pun, sama seperti banyak kota dan komunitas lain di negara kami yang indah, yang mendapati diri mereka berada dalam perang terburuk sejak Perang Dunia II.

Saya mendapat kehormatan untuk menyambut Anda atas nama orang-orang Ukraina, orang-orang hebat dan mencintai kebebasan yang selama delapan tahun telah melawan agresi Rusia, mereka yang memberikan putra dan putri terbaik mereka untuk menghentikan invasi Rusia.

Saat ini, nasib negara kami sedang diputuskan, nasib rakyat kita, apakah orang Ukraina akan bebas, apakah mereka akan dapat mempertahankan demokrasi mereka.

Rusia telah menyerang bukan hanya kami, bukan hanya tanah kami, bukan hanya kota kami. Itu melakukan serangan brutal terhadap nilai-nilai kita, nilai-nilai dasar manusia.

Rusia telah melemparkan tank dan pesawat melawan kebebasan kita, melawan hak kita untuk hidup bebas di negara kita sendiri, memilih masa depan kita sendiri.

Berlawanan dengan keinginan kami untuk kebahagiaan, melawan impian nasional kami, sama seperti impian yang sama yang Anda miliki, Anda orang Amerika – sama seperti orang lain di Amerika Serikat.

Saya ingat peringatan nasional Anda di Rushmore, wajah-wajah presiden terkemuka Anda, mereka yang meletakkan dasar Amerika Serikat seperti sekarang ini: demokrasi kemerdekaan, kebebasan, dan kepedulian untuk semua orang, untuk setiap orang, untuk semua orang yang bekerja dengan rajin, yang hidup jujur, yang menghormati hukum. Kami di Ukraina menginginkan hal yang sama untuk orang-orang kami, semua itu adalah bagian normal dari kehidupan Anda sendiri.

Hadirin sekalian, teman-teman, orang Amerika, dalam sejarah besar, Anda memiliki lembaran yang memungkinkan Anda memahami orang Ukraina. Pahami kami sekarang, saat kami membutuhkannya. Kami membutuhkanmu sekarang.

Ingat Pearl Harbor – pagi yang mengerikan 7 Desember 1941 ketika langit Anda hitam karena pesawat yang menyerang Anda. Ingat saja. Ingat tanggal 11 September, hari yang mengerikan pada tahun 2001 ketika kejahatan mencoba mengubah kota Anda, wilayah independen, menjadi medan perang.

Ketika orang yang tidak bersalah diserang. Diserang dari udara. Ya. Sama seperti tidak ada orang lain yang mengharapkannya, Anda tidak bisa menghentikannya. Negara kita mengalami hal yang sama setiap hari. Saat ini, saat ini, setiap malam selama tiga minggu sekarang.

Ada kota Ukraina Odesa dan Kharkiv ... dan Kyiv, Mariupol ... Rusia telah mengubah langit Ukraina menjadi sumber kematian bagi ribuan orang.

Pasukan Rusia telah menembakkan hampir seribu rudal ke Ukraina. Bom yang tak terhitung jumlahnya. Mereka menggunakan drone untuk membunuh kita dengan presisi.

Ini adalah teror yang belum pernah dilihat Eropa, belum pernah dilihat selama 80 tahun dan kami meminta jawaban, jawaban atas teror ini dari seluruh dunia.

Apakah ini  yang diminta? Untuk membuat zona larangan terbang di atas Ukraina untuk menyelamatkan orang? Apakah ini terlalu banyak untuk ditanyakan?

Zona larangan terbang kemanusiaan adalah sesuatu yang ... Rusia tidak akan mampu meneror kota-kota kita.

Jika ini terlalu banyak untuk ditanyakan, kami menawarkan alternatif. Anda tahu sistem pertahanan seperti apa yang kita butuhkan; S-300 dan sistem serupa lainnya.

Anda tahu berapa banyak tergantung di medan perang pada kemampuan menggunakan pesawat terbang, penerbangan yang kuat dan kuat untuk melindungi rakyat kita, kebebasan kita, tanah kita.

Pesawat yang dapat membantu Ukraina, membantu Eropa. Dan Anda tahu bahwa mereka ada dan Anda memilikinya, tetapi mereka ada di bumi, bukan di langit Ukraina. Mereka tidak membela rakyat kita.

'Aku mempunyai impian'. Kata-kata ini diketahui oleh Anda masing-masing hari ini. Saya dapat mengatakan saya memiliki kebutuhan, kebutuhan untuk melindungi langit kita. Saya membutuhkan keputusan Anda, bantuan Anda, yang artinya sama persis, sama seperti yang Anda rasakan ketika mendengar kata-kata, 'Saya punya mimpi'.

Hadirin sekalian, teman-teman, Ukraina berterima kasih kepada Amerika Serikat atas dukungannya yang luar biasa, untuk semua yang telah dilakukan pemerintah Anda dan rakyat Anda untuk kami, untuk senjata dan amunisi, untuk pelatihan, untuk keuangan, untuk kepemimpinan di dunia bebas yang membantu kita untuk menekan agresor secara ekonomi.

Saya berterima kasih kepada Presiden Biden atas keterlibatan pribadinya, atas komitmen tulusnya untuk membela Ukraina dan demokrasi di seluruh dunia.

Saya berterima kasih kepada Anda atas resolusi yang mengakui semua orang yang melakukan kejahatan terhadap Ukraina, terhadap rakyat Ukraina sebagai penjahat perang.

Namun, sekarang, memang benar, di saat tergelap bagi negara kita, untuk seluruh Eropa, saya meminta Anda untuk berbuat lebih banyak.

Paket sanksi baru diperlukan, konstan, setiap minggu, sampai mesin militer Rusia berhenti. Pembatasan diperlukan untuk semua orang yang menjadi dasar rezim yang tidak adil ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper