Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lokasi Istana Negara di IKN, Jokowi: di Ketinggian 80 Mdpl

Jokowi mengungkapkan titik lokasi Istana Negara yang akan dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo menginap sehari di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). JIBI/Bisnis-Nancy Junita @jokowi
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo menginap sehari di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). JIBI/Bisnis-Nancy Junita @jokowi

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan titik lokasi Istana Negara yang akan dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat berbincang dengan pembawa acara dalam sebuah video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3).

Dalam video tersebut, Jokowi terlihat berdiri di atas sebuah bukit yang dikelilingi oleh pohon berbatang kecil. Tanah yang diinjak Jokowi itu, akan menjadi lokasi Istana Negara.

"Ya, Istana di sini," ucap Jokowi dikutip dari Youtube Setpres, Selasa (15/3/2022).

Dalam video tersebut, terlihat jelas bahwa nantinya Istana Negara akan memiliki pemandangan alam di kawasan IKN. Jokowi mengatakan, konsep IKN adalah kota hutan. "Artinya hutan ini akan dibiarkan hijau seperti ini," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi menjelaskan alasan mengapa dirinya memilih wilayah Penajam Paser Utara (PPU) sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal tersebut, kata Jokowi, tidak lepas dari hasil analisis geospasial.

Dia mengungkapkan awalnya ada banyak lokasi calon IKN, tapi dipersempit hingga akhirnya menjadi 3 lokasi dan diputuskan di Kalimantan Timur di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

"Karena ini adalah titik yang paling tengah jika diambil dari barat, timur, utara dan selatan. Di sini tengahnya,” jelasnya.

Jokowi kemudian membeberkan terkait lokasi Istana Negara. Dia menyebut Istana Negara akan berada di ketinggian 80 meter dari permukaan laut (Mdpl).

“Ini hitung-itungan geospasial yang dilakukan Kementerian PU dan ini titik untuk istananya. Di tempat tertinggi dari permukaan laut kira-kira 80 meter. Menjuru kanan kiri," ungkapnya.

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan pemindahan IKN ke Kalimantan Timur adalah untuk pemerataan dan keadilan. Menurut Jokowi, 58 persen perputaran ekonomi ada di pulau Jawa khususnya Jakarta, padahal Indonesia memiliki 17.000 pulau. Sementara itu, 56 persen populasi Indonesia pun terkonsentrasi di pulau Jawa.

“Juga ada banyak alasan, karena ada banyak lahan dan yang paling penting pemindahan (IKN)) ini untuk pemerataan, untuk keadilan, karena kita memiliki 17.000 pulau yang 56 persennya ada di Jawa. Ada 156 juta populasinya Indonesia ada di pulau Jawa,” ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper