Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok hingga Bambang Susantono, Siapa Kepala Otorita IKN Nusantara Pilihan Jokowi?

Jokowi masih memiliki sedikit waktu untuk memutuskan siapa sosok yang paling tepat untuk memimpin pembangunan IKN. Apakah Ahok atau Bambang Susantono.
BASUKI TJAHAJA PURNAMA. Antara
BASUKI TJAHAJA PURNAMA. Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo Jokowi akan menunjuk Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikannya usai peresmian Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat, NasDem Tower, di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

"Secepatnya. Ini mungkin ya, minggu-minggu depan [Kepala Otorita IKN] sudah kita lantik. [Dari] Non-partai,” katanya.

Meski demikian, Jokowi masih memiliki sedikit waktu untuk memutuskan siapa sosok yang paling tepat untuk memimpin pembangunan IKN.

Hal itu didasarkan pada Undang-Undang (UU) nomor 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara yang ditetapkan pada bulan Februari 2022.

Pada Pasal 5 disebutkan, bahwa Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara ditunjuk dan diangkat oleh Presiden paling lambat 2 bulan setelah Undang-Undang ini diundangkan.

Lalu, siapakah calon kuat Kepala Otorita IKN Nusantara?

Jokowi pernah membocorkan sejumlah nama kandidat Kepala Otorita pada tahun 2021, yakni eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, mantan Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA) Tumiyana, dan eks Bupati Banyuwangi Azwar Anas.

Namun, hingga berita ini ditulis, pihak Istana Kepresidenan belum mengumumkan secara resmi sosok Kepala Otorita IKN atau pejabat setara menteri tersebut.

Kemudian, Jokowi kembali membocorkan kriteria calon Kepala Otorita IKN yaitu berlatar belakang berlatar arsitek dan punya pengalaman memimpin daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper