Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres: SDM Jadi Modal untuk Bangkit dari Pandemi Covid-19

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan besarnya proporsi usia kerja menjadi potensi, kekuatan dan modal dalam menghadapi pandemi Covid-19
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 28 Februari 2022  |  15:14 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021). - Antara
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menilai sumber daya manusia (SDM) menjadi modal untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

"Jumlah generasi Milenial, Generasi Z dan Post Generasi Z saat ini mencapai 174 juta penduduk atau 64 persen lebih dari populasi menurut BPS 2021," kata Wapres dalam acara Forum Ekonomi Merdeka (FEM), Senin (28/2/2022).

Dia menjelaskan, makin besarnya proporsi usia kerja menjadi potensi, kekuatan dan modal dalam menghadapi pandemi Covid-19, sebab beban usia prakerja dan lanjut usia (lansia) yang ditanggung negara akan makin kecil.

"Potensi pertumbuhan ekonomi yang tercipta dari perubahan struktur usia penduduk makin meningkat di masa mendatang. Namun perlu digarisbawahi, bonus demografi yang kita miliki hanya akan menjadi kekuatan pembangunan jika terdiri dari SDM yang berdaya," ujarnya.

Selanjutnya, dia menilai SDM berkualitas juga akan mempengaruhi sisi dunia usaha, lantaran diyakini akan mendongkrak perekonomian di Indonesia. Penyebabnya, 64 juta UMKM yang dimiliki tidak saja menjadi bantalan ekonomi saat krisis finansial, tetapi berpotensi menjadi penggerak pemulihan ekonomi pasca pandemi.

"Meski usaha mikro dan kecil masih dominan di dalam UMKM, tapi sangat potensial sebagai sumber pendapatan masyarakat dalam mengatasi pengangguran, berkontribusi pada PDB, menaikkan devisa negara, serta membuka peluang bagi investasi," ujar Ma’ruf.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona wapres ma'ruf amin Covid-19 pandemi corona
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top