Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Berharap Vaksinasi Booster Dapat Berikan Perlindungan kepada Pekerja dari Virus Omicron

Presiden RI Joko Widodo berharap percepatan vaksinasi booster Covid-19 dapat memberikan perlindungan bagi para pekerja di seluruh sektor industri.
Wahyu Arifin
Wahyu Arifin - Bisnis.com 25 Februari 2022  |  14:18 WIB
Presiden Joko Widodo bersiap disuntik vaksin CoronaVac untuk kedua kalinya, Rabu (21/1/2021).  - Muchlis Jr / Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersiap disuntik vaksin CoronaVac untuk kedua kalinya, Rabu (21/1/2021). - Muchlis Jr / Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Sektor industri masih menjadi tulang punggung perekonomian di tengah pandemi Covid-19. Presiden RI Joko Widodo berharap percepatan vaksinasi booster dapat memberikan perlindungan bagi para pekerja di sektor industri dari paparan virus Covid-19, termasuk varian Omicron.

"Saya harus memastikan semua sektor industri bisa menerima vaksinasi booster,"  kata Presiden Jokowi saat meninjau langsung pelaksanaan percepatan vaksinasi booster bagi para pekerja di PT Komatsu Indonesia, Cilincing, Jakarta Utara dalam Kick-Off Pelaksanaan Vaccine Booster Sektor industri (24/2/2022). 

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Ketua Yellow Clinic Jacobus Dwihartanto. 

Untuk vaksin booster ini, lanjutnya, diharapkan bisa menjadi benteng pertahanan bagi para tenaga kerja. Sehingga, sektor industri dan produksi tidak terganggu aktivitasnya.

"Ini kita harapkan terus bergerak di industri yang lain di pabrik-pabrik yang lain sehingga bisa kita cegah karyawan kita dari terpaparnya Covid," kata Presiden Jokowi melalui siaran langsung dari Jakarta.

Presiden Jokowi pun menyapa pelaku industri di berbagai daerah yang serentak melaksanakan vaksinasi booster dan terhubung secara virtual. Salah satunya PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) di Surabaya yang melakukan vaksinasi booster di 2 (dua) fasilitas produksi di kawasan Rungkut.

"Saya mau menyapa HM Sampoerna di Surabaya. Bagaimana kabarnya di sana?" sapa Presiden Jokowi. Sapaan itu langsung disambut antusias para karyawan Sampoerna yang hari ini menerima vaksin booster. 

Perwakilan Manajemen HM Sampoerna Cicilia Tri Sulistyawati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Presiden Jokowi beserta jajaran pemerintah yang terus memberikan dukungan pada sektor industri untuk tetap bertahan di tengah pandemi.

“Sebagai salah satu perusahaan padat karya dengan 65.000 karyawan langsung dan tidak langsung, kami terus melakukan upaya optimal dalam memprioritaskan kesehatan dan keselamatan setiap karyawan. Salah satunya dengan memfasilitasi vaksinasi booster,” ujar Cicilia.

Untuk pelaksanaan vaksinasi hari ini, katanya, pihaknya mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya dalam penyediaan vaksin. Sementara untuk tenaga kesehatannya, Sampoerna bekerja sama dengan Yellow Clinic.

Sebelumnya, proses vaksinasi booster bagi karyawan Sampoerna telah dilakukan sejak awal Februari 2022, dimulai dari Karawang dan akan dilanjutkan bagi fasilitas lainnya, termasuk di Jawa Timur. Tahun lalu, seluruh karyawan Sampoerna sudah menerima vaksinasi dosis pertama dan kedua.

“Kami optimis bahwa upaya gotong-royong pemerintah dan swasta yang dilakukan dalam menanggulangi pandemi akan menghasilkan capaian yang baik,” tutup Cicilia

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kawasan industri presiden jokowi Vaksin Covid-19 Vaksin Booster
Editor : Wahyu Arifin

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top