Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akhirnya! Putin dan Joe Biden Sepakat Bertemu Tatap Muka dalam KTT AS - Rusia di Ukraina

Baik Biden maupun Putin, yang berbicara dengan Presiden Prancis Macron dalam panggilan telepon terpisah pada hari Minggu, telah masing-masing menerima prinsip pertemuan puncak semacam itu di Ukraina dalam waktu dekat.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  08:44 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mahasiswa melalui panggilan konferensi video di kediaman negara di Zavidovo, Rusia 25 Januari 2021. - Antara/Reuters\r\n
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mahasiswa melalui panggilan konferensi video di kediaman negara di Zavidovo, Rusia 25 Januari 2021. - Antara/Reuters\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin menyetujui proposal dari Prancis Emanuel Macron untuk mengadakan KTT AS-Rusia di Ukraina

Menurut pernyataan dari Istana Elysee Prancis, baik Biden maupun Putin, yang berbicara dengan Macron dalam panggilan telepon terpisah pada hari Minggu, telah masing-masing menerima prinsip pertemuan puncak semacam itu.

"[KTT] hanya dapat diadakan jika Rusia tidak menginvasi Ukraina," tambah pernyataan itu, dikutip dari DW.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga dijadwalkan bertemu pada Kamis ini (24/2/2022). Elysee mengatakan isi dari KTT AS-Rusia yang diusulkan akan direncanakan oleh Blinken dan Lavrov.

Sebelumnya pada hari Minggu (20/2/2022), Macron dan Putin sepakat untuk mengintensifkan pencarian solusi untuk kebuntuan Ukraina selama panggilan telepon hampir dua jam.

Keduanya sepakat tentang perlunya mendukung solusi diplomatik untuk krisis yang sedang berlangsung dan untuk melakukan segalanya untuk mencapainya," kata kantor Macron, menambahkan bahwa menteri luar negeri kedua negara akan bertemu "dalam beberapa hari mendatang."

Menurut versi panggilan Kremlin, Putin menyalahkan Kyiv atas eskalasi militer di Ukraina timur dan menyetujui perlunya mengintensifkan upaya untuk menemukan solusi melalui cara-cara diplomatik.

Moskow mengatakan pembicaraan akan berlangsung dalam format Normandia, yang berarti dengan perwakilan Rusia dan Ukraina di bawah moderasi Prancis-Jerman.

Macron kemudian menelepon Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, hanya sehari setelah Kyiv mengatakan tidak akan menanggapi apa yang disebutnya provokasi Rusia. Namun, menurut Elysee, Ukraina tetap terbuka untuk "dialog" dengan Moskow.

"Kedua pemimpin membahas kebutuhan dan kemungkinan cara de-eskalasi segera," tulis Zelenskyy di Twitter.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rusia vladimir putin ukraina Joe Biden
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top