Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luhut Ingatkan Lansia Berusia 60 Tahun ke Atas Jangan Keluar Rumah Sebulan Ini

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyarankan agar masyarakat lanjut usia (lansia), khususnya yang berusia 60 tahun ke atas untuk tidak keluar rumah sepanjang sebulan ke depan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 05 Februari 2022  |  17:52 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai membuka Health Business Gathering 2021 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (3/11/2021). - Antara
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai membuka Health Business Gathering 2021 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (3/11/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyarankan agar masyarakat lanjut usia (lansia), khususnya yang berusia 60 tahun ke atas untuk tidak keluar rumah sepanjang sebulan ke depan.

Menurutnya, upaya tersebut perlu dilakukan untuk mencegah makin meningkatnya penyebaran virus Covid-19, khususnya varian Omicron yang tengah mengancam saat ini.

“Saya usul dua minggu sampai sebulan ke depan untuk orang-orang yang saya sebut tadi kriteria 60 tahun ke atas, eloknya tinggal di rumah dulu sementara,” ujarnya secara virtual agenda Harlah ke-96 NU, dikutip lewat akun Youtube TVNU, Sabtu (5/2/2022).

Koordinator PPKM untuk Pulau Jawa dan Bali ini juga memprediksi penyebaran virus Covid-19 varian Omicron akan meningkat di waktu mendatang.

“Sekarang peningkatan Covid-19 ini sudah cukup tinggi. Omicron ini akan naik. Kemarin 32.000, mungkin hari ini bisa 40.000,” katanya

Kendati demikian, dia meminta masyarakat tidak panik, sebab data yang diperoleh pemerintah menunjukkan perawatan orang yang terjangkit varian Omicron cukup singkat.

Namun, dia berpesan kepada warga dengan usia 60 tahun ke atas, belum divaksin dua kali, serta memiliki penyakit penyerta (komorbid) untuk tidak keluar rumah terlebih dahulu.

Hal ini karena pemerintah menemukan warga yang meninggal akibat Covid-19 varian Omicron umumnya merupakan orang-orang dengan kriteria lansia. Bahkan, dia meminta Omicron tidak boleh dipandang enteng karena virus tersebut dapat merusak tubuh manusia.

“Karena data yang saya katakan tadi sebagian besar yang meninggal itu adalah orang-orang yang sudah sepuh, ada komorbid, dan belum vaksin,” ujar Luhut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lansia Luhut Pandjaitan Covid-19 PPKM omicron
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top