Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waduh! 100 Calon Taruna Poltekim Kemenkumham Positif Covid-19

BPSDM Kumham melaporkan ada 100 calon taruna atau catar yang tengah menjalani kegiatan pembekalan prabasis terinfeksi Covid-19.
Gedung Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta./Istimewa
Gedung Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM (BPSDM Kumham) melaporkan ada 100 calon taruna Politeknik Ilmu Keimigrasian (Poltekim) yang tengah menjalani kegiatan pembekalan prabasis terinfeksi Covid-19.

Pelaksanaaan pembekalan Prabasis kepada seluruh Catar di lingkungan BPSDM Kumham dilaksanakan sebelum mengikuti pendidikan di Sekolah Pendidikan Kepolisian (SPN) Lido.

"Pada tanggal 2 Februari 2022 Taruna Poltekim dikriim ke SPN Lido guna mengikuti masa basis, berdasarkan hasil swab yang dilakukan oleh Tenaga Kesehatan dari pihak SPN didapatkan hasil sebanyak 100 taruna positif," tulis BPSDM Kumham dalam keterangan resmi, Rabu (2/2/2022).

Menindaklanjuti hal tersebut, BPSDM telah melakukan sejumlah langkah salah satunya mengarahkan calon Taruna yang terkonfirmasi positif untuk melakukan isolasi mandiri terpusat di Asrama AL 4, sedangkan bagi Catar yang tidak terkonfirmasi, dilaksanakan karantina terbatas di asrama masing-masing.

"Seluruh Catar yang terkonfirmasi positif di tempatkan di gedung asrama Tangerang, dan yang tidak terkonfirmasi ataupun sedang proses penyembuhan di tempatkan di Cinere," ujarnya.

Adapun, BPSDM Kumham mulai menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah pada tahun 2022 atau sesuai dengan amanat Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri.

Oleh karenanya, pada 19 Januari 2022 telah dilaksanakan penerimaan catar dari Sekretariat Jenderal ke BPSDM Hukum dan HAM sebanyak 641 oramg, dengan penerapan protokol kesehatan ketat yaitu wajib memakai masker, menjaga jarak, dan tidak bersentuhan.

Para Catar tersebut wajib membawa surat hasil tes PCR negatif H-2 dimana kemudian dilanjutkan mengikuti tes swab antigen di BPSDM Hukum dan HAM.

Lebih lanjut, dalam layanan pembekalan, pihak BPSDM memastikan telah melaksanakan pencegahan dan penanganan Covid-19 diantaranya penerapan protokol kesehatan; melakukan disinfektan ke seluruh lingkungan di BPSDM; dan bekerja sama dengan Puskemas Cinere dalam layanan kesehatan Catar.

Selain itu, BPSDM Hukum dan HAM juga telah menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Pengayoman dalam layanan kesehatan Catar dan merekruit tenaga medis dari luar, baik Dokter maupun perawat yang telah berpengalaman menangani pasien Covid-19 di Wisma Atlet, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper