Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menag: Asrama Haji akan Digunakan untuk Karantina Jemaah Umrah

Kemenag telah melakukan rapat dan diskusi dengan BNPB terkait pemanfaatan asrama haji sebagai tempat karantina para jemaah umrah.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  15:58 WIB
Menetri Agama Yaqut Cholil Qoumas. - www.kemenag.go.id
Menetri Agama Yaqut Cholil Qoumas. - www.kemenag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa jemaah yang pulang umrah dapat menggunakan asrama haji untuk kebutuhan karantina.

Menag mengatakan Kementerian Agama (Kemenag) telah melakukan rapat dan diskusi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait pemanfaatan asrama haji sebagai tempat karantina para jemaah umrah.

“Infomasi terbaru, asrama haji bisa digunakan sebagai tempat karantina setelah melalui rapat dengan BNPB,” kata Menag dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Menurutnya, digunakannya asrama haji sebagai tempat karantina jemaah umrah akan meringankan pembiayaan para jemaah tersebut.

“Ini tentu akan membuat para jemaah umrah ini makin ringan dalam pembiayaan, sangat praktis di asrama haji. Biaya pasti lebih murah,” ujarnya.

Bahkan, asrama haji dinilai bisa menekan tingkat kejenuhan calon jemaah sepulang umrah.

“Karena di asrama itu jendelanya masih bisa dibuka, kalau di hotel itu susah dibukanya. Jadi kalau butuh ruang terbuka di asrama haji masih memungkinkan, tetapi kalau di hotel akan sangat sulit,” tuturnya.

Sementara itu, Nur Arifin, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag menjelaskan asrama haji yang sudah bisa dipakai untuk karantina adalah Pondok Gede, Jakarta Timur.

“Asrama haji ini kelayakannya sudah disurvei oleh BNPB dan mereka menyatakan asrama haji ini laik menjadi tempat karantina,” ungkapnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenag umrah karantina menag asrama haji
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top