Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penonton MotoGP Mandalika Bisa Ratusan Ribu, Ini Persiapan Pemerintah

Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan persiapan pemerintah terkait dengan MotoGP Mandalika yang penontonnya bisa mencapai ratusan ribu.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 21 Januari 2022  |  20:32 WIB
Penonton menyaksikan balap World Superbike (WSBK) 2021 di tribune pada Jumat (19/11/2021) - Bisnis/Feni Freycinetia
Penonton menyaksikan balap World Superbike (WSBK) 2021 di tribune pada Jumat (19/11/2021) - Bisnis/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan pemerintah akan fokus dalam memberikan akomodasi terbaik saat penggelaran MotoGP Mandalika 2022.

Berdasarkan data yang dimiliki akan ada 100.000-110.000 pengunjung pada 18-20 Maret 2022 atau saat MotoGP Mandalika berlangsung. Jumlah tersebut sangat besar. Pemerintah menyiapkan sarana hunian pariwisata (Sarhunta), penginapan di kapal pinisi dan kapal pesiar, kabin dan penginapan di desa-desa sekitar Mandalika.

“Kemudian ada juga yang menginap di Bali, mungkin juga di Labuan Bajo, ini semua penerbangannya harus diatur,” kata Johnny dalam konferensi virtual, Jumat (21/1/2022).

Johnny mengatakan pemerintah telah membangun 300 homestay dengan mengadopsi kearifan lokal seperti Bale Lumbung dan Bale Bonter dengan konsep rumah lumbung dan kearifan Suku Sasak.

Mengenai tiket MotoGP, kata Johnny, akan dibentuk ke dalam lima standard yaitu General Admission, Standard Grandstand, Premium Grandstand, VIP Hospitality Suites kategori Premier Class dan kategori Deluxe Class.

“Ini sudah sesuai dengan standar sirkuit MotoGP lainnya,” kata Johnny.

Untuk diketahui, sejauh ini anggaran untuk pembenahan jalan depan Sirkuit Mandalika baru sebesar Rp16 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022. Terdapat 10 program/kegiatan yang diusulkan dengan kebutuhan anggaran sebesar Rp680,66 miliar lebih.

Program-program tersebut antara lain, pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika atau ruas Kuta – Keruak dengan kebutuhan anggaran Rp125,25 miliar, penataan koridor Kawasan Sirkuit Mandalika sebesar Rp70 miliar.

Kemudian, fasilitas keselamatan jalan sebesar Rp182,35 miliar, pengembangan sentra IKM/UMKM dan pusat kuliner Rp35,49 miliar. Selanjutnya, program nilai tambah dan daya saing industri sebesar Rp24 miliar, sarana & prasarana kesehatan dan penanganan kegawatdaruratan Rp111,41 miliar, penghijauan koridor jalan Mataram – BIZAM – KEK Mandalika Rp8,9 miliar, rehabilitasi hutan dan lahan Rp17,55 miliar.

Kemudian sarana prasarana pengolahan sampah dan limbah Rp65,05 miliar dan pengembangan destinasi, pemasaran dan event Rp40,78 miliar.

Sekadar informasi, Ajang balap motor MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit rencananya dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022. Pemerintah terus menyiapkan sejumlah hal untuk menyukseskan acara tersebut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MotoGP kominfo
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top