Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Florona Gabungan Covid-19 dan Influenza Muncul di Israel, Kenali Gejalanya

Israel melaporkan telah mencatat kasus pertama dari infeksi ganda Covid-19 atau gabungan influenza dan Corona (Florona).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 03 Januari 2022  |  14:30 WIB
Tangkapan layar- Ilustrasi Virus Corona varian Omicron. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Tangkapan layar- Ilustrasi Virus Corona varian Omicron. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA – Israel melaporkan telah mencatat kasus pertama dari infeksi ganda Covid-19 atau gabungan influenza dan Corona (Florona).

Dikutip melalui Indian Express, dalam laporan tersebut dikatakan bahwa gangguan ini menyerang kekebalan seseorang karena virus influenza dan SARS-Cov-2 memasuki tubuh pada saat yang bersamaan.

Laporan ini mengatakan bahwa kasus pertama adalah seorang wanita hamil yang dirawat di Rabin Medical Center untuk melahirkan.

Surat kabar Israel Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa wanita muda itu tidak divaksinasi Covid-19.

Adapun, temuan kasus Florona datang pada saat dunia sedang berjuang melawan gelombang baru pandemi SARS-CoV-2 yang didorong oleh varian baru Omicron, yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada November 2021.

Varian Omicron yang lebih cepat menular telah menyebar ke sebagian besar negara dan telah menyalip varian Delta sebelumnya di Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Sementara itu, wanita tersebut kini sudah dipulangkan dari RS, tetapi Kementerian Kesehatan Israel masih mempelajari kasus Florona tersebut.

Mereka tengah melihat apakah kombinasi kedua virus Covid-19 dan influenza memicu kondisi atau sakit lebih parah. Para ilmuwan Israel pun turut mempelajari sampel Florona untuk merinci detail lebih lanjut.

Dikutip dari DNA India, florona memiliki gejala seperti demam, nyeri tubuh, batuk, bersin, sakit tenggorokan, sesak napas, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan diare.

Adapun, untuk kasus pada anak-anak juga disebutkan akan muncul ruam, apabila terinfesi oleh Florona.

Dokter di Rumah Sakit Universitas Kairo, Nahla Abdel Wahab mengatakan kepada media Israel infeksi ganda Covid-19 dan influenza ini menunjukkan adanya kerusakan besar pada sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, sangat mungkin seseorang bisa terpapar dua virus dalam waktu bersamaan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga kini belum menanggapi lebih lanjut terkait temuan kasus Florona.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

israel Virus Corona Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top