Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CDC AS Rekomendasikan Vaksin Pfizer dan Moderna untuk Orang Dewasa

CDC AS merekomendasikan vaksin Pfizer dan Moderna ketimbang suntikan Johnson & Johnson untuk orang dewasa berusia 18 tahun ke atas.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 17 Desember 2021  |  10:52 WIB
vaksin Covid-19 jenis Pfizer dan Moderna buatan Amerika Serikat - inquirer.net
vaksin Covid-19 jenis Pfizer dan Moderna buatan Amerika Serikat - inquirer.net

Bisnis.com, JAKARTA - Panel penasihat untuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS merekomendasikan vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna ketimbang suntikan Johnson & Johnson untuk orang dewasa berusia 18 tahun ke atas.

Rekomendasi itu dikeluarkan setelah belasan orang mengalami kondisi pembekuan darah langka setelah divaksinasi J&J. Mereka dirawat di rumah sakit dan sembilan di antaranya meninggal.

Komite Penasihat untuk Praktik Imunisasi juga memberikan suara bulat untuk merekomendasikan Pfizer dan Moderna daripada vaksin Johnson & Johnson. Direktur CDC, Rochelle Walensky juga menerima rekomendasi tersebut.

CDC telah mengkonfirmasi 54 kasus orang yang mengalami pembekuan darah dan menunjukkan kadar trombosit darah yang rendah atau trombositopenia yang kebanyakan menyerang wanita yang lebih muda. Seluruh pasien dirawat di rumah sakit, sembilan orang meninggal dan 36 dirawat di ruang perawatan intensif sebagaimanna dikutip CNBC.com, Jumat (17/12).

AS telah memberikan lebih dari 17 juta dosis J&J sejak Food and Drug Administration mengizinkan suntikan secara darurat pada bulan Februari. Secara keseluruhan, 3,8 kasus trombosis dengan trombositopenia sindrom (TTS) dilaporkan per juta dosis yang diberikan, menurut CDC. Angka tersebut paling tinggi di antara wanita berusia 30 hingga 49 tahun.

Rekomendasi panel CDC memberikan pukulan lain untuk vaksin Johnson & Johnson. AS secara singkat menghentikan pemberian vaksin pada bulan April ketika kasus TTS pertama kali mulai muncul.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat pfizer vaksinasi Vaksin Covid-19 moderna
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top