Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Kekerasan Seksual, Kowani Dukung Permenkdibudristek 30/2021

Kowani menyambut baik Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di lembaga pendidikan.
Ilustrasi pelecehan seksual./Istimewa
Ilustrasi pelecehan seksual./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Dr Giwo Rubianto Wiyogo menyambut baik adanya Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) untuk mencegah terjadinya kasus pelecehan seksual di dunia pendidikan.

"Permendikbudristek ini bagus sekali, ini sesuatu yang menggembirakan dengan adanya aturan ini,” ujar Giwo di Jakarta, Selasa (9/11/2021).

Dikatakan, peraturan tersebut merupakan langkah maju dalam upaya perlindungan perempuan dari pelecehan seksual. Peraturan tersebut tidak hanya mengatur upaya pencegahan tetapi juga penanganan dan juga sanksi tegas bagi pelaku.

Selain itu, mengatur agar pertemuan antara dosen dan mahasiswa dilakukan di lingkungan kampus dan jam kuliah.

Giwo tidak memungkiri bahwa terkadang dosen meminta waktu di luar jam kuliah dengan alasan kesibukan.

“Terkadang ada oknum dosen yang meminta agar bertemu di luar jam kuliah. Ketemu di sini, dan kemudian dipeganglah tangan mahasiswinya,” kata dia.

Giwo menegaskan, bahwa sebenarnya memegang tangan maupun mencolek juga merupakan bentuk pelecehan seksual, namun banyak mahasiswi mengabaikan hal itu agar mendapatkan tanda tangan dosen pembimbingnya.

“Terus terang, kami menyambut positif dan apresiasi yang tinggi pada Mendikbudristek. Memang pelecehan seksual ini banyak dialami perempuan, dan banyak yang tidak mengungkapkan karena beralasan membuka aib sendiri. Kalau di luar negeri, tidak akan ada seperti itu karena sudah jelas aturannya,” kata Giwo yang saat ini mendorong pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) segera dilakukan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper